Tips Untuk Santri :

Ingin Betah Di Pesantren?, Harus ber’DASI RAPI’.

Bagi Santri baru Untuk memulai hidup di Asrama Pesantren tentulah merupakan sebuah pengalaman baru.

Oleh karenanya diperlukan usaha lahir batin untuk bisa ‘survive’ dan lulus ‘seleksi alam’.

Penulis pernah mendengar langsung Pak Kyai menjelaskan bahwa secara fisik manusia itu akan semakin jauh dengan orang tuanya, namun secara batin akan lebih dekat dengan mereka, terutama jika sang anak juga sudah menjelma menjadi orang tua yang mendidik anaknya.

Mari kita perhatikan, ketika bayi si anak tidur di gendongan dan pelukan ibunya. Masuk usia 7 tahun tidurnya pisah kamar. Tamat SD pisah rumah : sang anak di Asrama Pesantren dan orang tua di rumah. Bahkan Tamat Pesantren bisa jadi pisah negara : sang anak lanjut study di luar negri, orang tua di dalam negri.

Berikut ini tips dan kiat agar Santri merasa ‘at home’ di Asrama Pesantren :

D-Disiplin. Santri harus mulai adaptasi dengan aturan Pesantren. Memang dengan disiplin terasa tidak enak karena segalanya diatur, namun akan lebih tidak enak lagi tanpa disiplin karena akan berlaku hukum rimba (siapa yang kuat akan menang). Tanamkan berdisiplin karena cinta kesuksesan dan bukan karena takut hukuman (اطيعوا النظام محبة لامخافة).

A-Aktif. Santri harus mengikuti berbagai agenda harian, mingguan, bulanan dan tahunan pesantren. Dengan aktif ikut kegiatan maka waktu yang ada terasa cepat. Sebaliknya, jika santri cenderung pasif biasanya akan TB (Tekanan Batin) dan terkondisi BT (Butuh Taujihat).

S-Sabar. Asrama pesantren merupakan miniatur masyarakat. Di dalamnya terdapat berbagai macam Santri dengan latar belakang keluarga yang heterogen, sikap dan perilaku serta asal daerah yang beragam. Kuncinya santri harus sabar dalam menjalani berbagai problematika di asrama.

I-Inisiatif. Santri yang gemar berorganisasi untuk menyalurkan ide-ide briliannya cenderung betah tinggal di pesantren. Ia merasa memiliki komunitas yang sehati di bidang ekstrakurikuler yang diminati : Public Speaking, Seni Beladiri, Kepramukaan, Pecinta Alam dan sebagainya.

R-Ramai-Ramai. Kebersamaan membawa keberkahan. Berjama’ah dalam sholat fardhu di masjid maupun dalam aktifitas keseharian seperti makan, mencuci dan lainnya juga menambah kebetahan di asrama.

A-Amanah. Santri harus menggunakan dana dari orang tua sesuai peruntukannya. Harus faham betul kewajiban menabung di TAS (Tabungan Amanat Santri) di TU Keuangan pesantren sehingga terhindari dari kehilangan uang dan atau pemborosannya. Semua barang miliknya juga harus dijaga dengan baik.

P-Pemaaf. Santri hendaknya tidak menjadi pribadi pendemdam sehingga ia merasa tenang dan nyaman di asrama. Seribu kawan kurang, satu musuh terlalu banyak. Bisa jadi ada kawan yang iseng, maka maafkanlah dia.

I-Ikhlash. Dengan keikhlasan maka santri akan menjalani proses pendidikan dan pengajaran serta kehidupan di pesantren dengan damai, aman, sentosa dan bahagia. Ia yakin di manapun berada, Allah selalu bersamanya. Semua terjadi atau tidak terjadi karena Kehendak Allah SWT.

Demikian tips & kiat yang disingkat ber’DASI RAPI’.

Semoga bermanfaat.
Bogor, Senin 8 Agustus 2016.

Biro Pengasuhan Santri
www.cipining.darunnajah.com

Recent Posts

Menyemai Cinta dan Hafalan Al-Quran di Kota Hujan

Kota Hujan, sebuah julukan yang melekat pada Kota Bogor, Jawa Barat. Kota yang dikenal dengan…

8 hours ago

Website Pondok Pesantren: Meningkatkan Keterbukaan dan Akses Informasi

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia yang telah banyak melahirkan generasi cerdas…

1 day ago

Membimbing Santri Menuju Hafalan Terbaik

Pendidikan agama merupakan fondasi penting bagi setiap individu dalam menjalani kehidupan. Selain memberikan pemahaman tentang…

3 days ago

Meningkatkan Kualitas Hafalan dan Pendidikan Santri

Di era modern ini, dunia pendidikan menghadapi berbagai tantangan dalam membentuk generasi muda yang cerdas,…

3 days ago

Ujian Tulis Darsul Massa (Pelajaran Sore) Santriwati Kelas 1-4 TMI Darunnajah 9

Suasana Ujian tulis Darsul Mass atau Pelajaran Sore,dilaksanakan Pada Sabtu, 11 Mei 2024, hingga Rabu,…

3 days ago

Membangun Website Pondok Pesantren: Langkah Praktis untuk Mengembangkan Pesantren

Pondok pesantren sebagai institusi pendidikan Islam tertua di Indonesia terus berkembang dari waktu ke waktu.…

4 days ago