Profil

PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH 2 CIPINING

Alamat: Jl Argapura RT/RW 02/03 Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Indonesia Kode Pos 16670
Website: www.darunnajah.com | Email: trendarunnajah[at]yahoo.com
Twitter: @pondokpesantren | Instagram: @darunnajahcipining
Facebook: Facebook.com/darunnajahcipining | Youtube : YouTube.com/darunnajahcipining

Gedung Pesantren
Gedung Pesantren Tampak dari atas

PENDAHULUAN

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining berdiri di bawah naungan Yayasan Darunnajah dan merupakan pengembangan dari Pondok Pesantren Darunnajah 1 Ulujami Jakarta Selatan. Kurikulum, sistem pengajaran dan jenis aktifitas santrinya sama.

Pondok Pesantren Darunnajah 2  Cipining berada di atas tanah wakaf seluas 70 ha., di Desa Argapura Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat. Lokasinya strategis yakni di tepi jalan raya yang menghubungkan antara :

  1. Jakarta/Tangerang dengan Jasinga/Bogor, melalui toll Jakarta Merak, Bitung LPPU Curug, Legok dan Parung Panjang, atau
  2. Bogor/Bandung dengan Jakarta/Tangerang, melalui Ciampea, Leuwi liang, Cigudeg dan Bunar/Kadaka.

Pondok Pesantren Darunnajah 2  Cipining adalah lembaga pendidikan dan da’wah Islam yang independen tidak berafiliasi kepada partai politik dan/atau organisasi massa tertentu. Juga tidak terlibat/berhubungan dengan kelompok/sekte atau ajaran di luar ahlu sunnah wal jama’ah maupun yang dilarang oleh Pemerintah Republik Indonesi. “BERDIRI DI ATAS DAN UNTUK SEMUA GOLONGAN”.

Profil Pesantren

Profil

SEJARAH BERDIRINYA

Pada tahun 1985 -1986 mulai dirasakan bahwa Pondok Pesantren Darunnajah 1 Ulujami di Jakarta Selatan tidak dapat menampung seluruh peminat yang mendaftar. Hal ini mendorong pendiri Pesantren untuk segera mencari lokasi lain guna membuka Pesantren baru sebagai pengembangan dari Pesantren yang telah ada, agar dapat menampung minat para pendaftar tersebut.

Maka pada tahun 1986, dimulai pencarian lokasi tanah yang memungkinkan, dan akhirnya ditemukanlah di Kampung Cipining, Desa Argapura, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lalu dimulai pembelian tanah tegalan dan perkebunan milik penduduk, dari hasil iuran santri Darunnajah Ulujami dan donator serta para dermawan. Selanjutnya dikukuhkan dengan persetujuan Gubernur Jawa Barat (Tertuang dalam SK. No. 593.82/SK. 259.S/AGR-DA/225-87, tanggal 24 Februari 1987) di lokasi seluas 70 hektar.

Pembebasan tanah wakaf tersebut sampai kini telah mencapai 50 hektar lebih. Adapun sisanya seluas kira-kira 20 hektar masih terus diupayakan pembebasannya dan menanti uluran tangan para muhsinin dan dermawan yang berminat mengivestasikan hartanya untuk dipetik hasilnya kelak, melalui jalur infaq, wakaf dan/atau shodaqoh jariyah serta hibah.

Pada tahun1987 dimulai pembangunan 16 ruang kamar dan kelas serta beberapa bangunan lain yang kemudian dapat diselesaikan pada bulan Juni 1988.

Pada tanggal 18 Juli 1988, diresmikanlah pembukaan Pesantren Darunnajah 2  Cipining, Bogor dan program pendidikannya dengan jumlah santri putra sebanyak 200 orang (kelas I Tarbiyatul Mu’allimin Al Islamiyah/ I MTs.). hampir seluruh santri berasal dari peminat yang mendaftar di Pesantren Darunnajah 1 Ulujami Jakarta. Hadir pada acara pembukaan tersebut antara lain Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Pengurus Yayasan Darunnajah, tokoh masyarakat sekitar Pesantren dan segenap santri dan wali santri.

LATAR BELAKANG BERDIRINYA

  1. Rasa ingin berbuat banyak oleh pendiri Pesantren Darunnajah 1 Ulujami Jakarta, K.H. Abdul Manaf Mukhayyar dalam mendidik putra-putri kaum muslimin.
  2. Membantu program pemerintah mencerdaskan kehidupan Bangsa dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya.
  3. Banyak calon pelajar yang tidak tertampung lagi di Pondok Pesantren Darunnajah 1 Ulujami (sejak tahun 1985), telah mendorong untuk segera diwujudkannya Pesantren baru yang luas arealnya, tenang lingkungannya, dan jauh dari pengaruh luar yang negatif.

VISI  “IMAMA”

  • Imam: Pemimpin
  • Muttaqien: Bertaqwa
  • ‘Alim: Berpengetahuan luas (Ulama)
  • Muballigh: Menyampaikan/mengaplikasikan ilmunya
  • ‘Amil: Terampil

TUJUAN PENDIDIKAN

1.    Tujuam Umum

Membentuk dan mempersiapkan kader ulama’ yang amilin dan shalihin agar mampu menyampaikan da’wah Islamiyah kepada seluruh lapisan masyarakat.

  • Mempersiapkan guru-guru agama Islam
  • Mempersiapkan pemimpin-pemimpin Muslim yang luas pengetahuannya

2.    Tujuan Khusus

  • Mendalami pengetahuan tentang (ilmu-ilmu) agama Islam/Tafaqquh fi ad dien
  • Melatih mu’amalah ma’a al Kholiq dan mu’amalah ma’a annas
  • Melatih kepemimpinan yang tangguh dan bertangung jawab
  • Menyelenggarakan latihan-latihan mengajar dan Da’wah Islamiyah, baik dengan pidato (khutbah/bi Lisan al-maqol), tulisan maupun dengan sistem dan media yang lain.

TINGKAT DAN UNIT PENDIDIKAN

Tarbiyatul Mu’allimin wa al-Mua’llimat al Islamiyah (TMI) dalam pengertian Indonesia adalah Pendidikan Keguruan, ditempuh selama 6 tahun (3 tahun Madrasah Tsanawiyah dan 3 tahun Madrasah Aliyah), dengan diberikan kesempatan untuk mengikuti Ujian Negara (UN/UAS). Juga diselenggarakan kelas Intensif (1 tahun) bagi mereka yang ingin memperdalam kegamaan dan/atau sekolah bahasa, sebagai persiapan masuk ke kelas X Madrasah Aliyah.

Adapun unit-unit pendidikan yang diselenggarakan Pondok Pesantren Darunnajah 2  Cipining, Bogor yaitu sebagai berikut :

  1. Tarbiyatul Mu’allimin wa al-Mu’allimat al Islamiyah (TMI), berasrama, putra putri.
  2. Raudhatul Athfal (RA/TK), non asrama, putra putri.
  3. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ), non asrama, putra putri.
  4. Madrasah Ibtidaiyah (MI), berasrama dan non asrama, putra putri.
  5. Madrasah Diniyah/Sekolah Agama (MDT), non asrama, putra putri.
  6. Madrasah Tsanawiyah (MTs), berasrama dan non asrama, putra putri.
  7. Madrasah Aliyah (MA), berasrama dan non asrama, putra putri.
  8. Pesantren kanak-kanak (Usia SD), berasrma, putra putri.
  9. Sekolah Menengah Pertama (SMP), berasrama dan non asrama, putra/putri.
  10. Majlis Ta’lim, masyarakat/kaum Ibu. (Pengantar TK, MI dan masyarakat umum sekitar Pesantren).
  11. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berasrama dan nonasrama, putra/putri.

KURIKULUM, SISTEM PENGAJARAN DAN BAHASA PENGANTAR (TMI)

Kurikulum Pondok Pesantren Darunnajah 2  Cipining, Bogor, tingkat Tarbiyatul Mu’allimin wa al-Mu’allimat al Islamiyah adalah perpaduan kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor dan kurikulum Nasional serta Pesantren Salafiah. Sistem pengjaran yang dipakai adalah klasikal, dengan metode yang mendorong keaktifan siswa dalam belajar dan dengan terus mengikuti perkembangan di bidang teori kependidikan/metodologi pengajaran.
Bidang-bidang (ilmu-ilmu) Bahasa Arab dan Bahasa Inggris diajarkan langsung dengan bahasa aslinya, begitu pula (ilmu-ilmu) agama Islam diajarkan dengan Bahasa Arab (tujuannya antara lain agar santri/siswa mampu memahami dan menerangkannya dengan bahasa aslinya). Adapun bidang studi lainnya diajarkan dalam bahasa Nasional.

Untuk lebih menunjang penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris, diselenggarakan juga kegiatan-kegiatan extrakurikuler yang mendukung, anatara lain ; Muhadhoroh (latihan berpidato, muhadatsah/conversation, penerbitan majalah dinding, pemberian kosa kata baru (dua kali dalam sehari), dan penindakan pelanggar disiplin bahasa.

KEGIATAN EXTRAKURIKULER

Kegiatan ini dikategorikan dalam dua hal, yakni yang wajib diikuti oleh seluruh santri/siswa dan kegiatan yang dianjurkan di dalam keikutsertaannya.

I. Kegiatan Wajib

  • Muhadhoroh (latihan berpidato), (Indonesia, Arab dan Inggris).
  • Pramuka
  • Pendidikan Komputer
  • Praktek Mengajar (kelas III MA)*
  • Praktek Da’wah dan Pengembangan Masyarakat (kelas III MA)*
  • Kursus Mahir Dasar (kelas I MA)*
  • Riset Kependidikan (kelas III MA)*
  • Pengajian Kitab (Tafsier Al-Qur’an, Alhadits, Sejarah Nabi dan Sahabat, Kitab Fiqih/kuning dan kitab tentang akhlak)
  • Seni Beladiri (pencak silat)
  • Organisasi dan Kepemimpinan (MA)
  • Safari Da’wah ke Masyarakat  (seminggu sekali)**

* Sebagai syarat mengikuti Ujian Akhir (UN/UAS dan Ujian Pondok)
** Sesuai dengan jadwalnya masing-masing

II. Kegiatan Pilihan/Anjuran

  • Tilawah (seni baca) dan kajian al-qur’an
  • Rihlah Ilmiyah (study tour)
  • Olahraga
  • Keterampilan
  • Seni Budaya (teater, drumband, dll)
  • Koperasi, dan
  • Pertanian (kewirausahaan)

ASRAMA DAN DISIPLIN SANTRI/SISWA

Seluruh santri Tarbiyatul Mu’allimin wa al-Mu’allimat al Islamiyah wajib bermukim di asrama Pesantren, mengikuti semua aktifitas dan mentaati disiplin/tata tertib serta sunnah Pesantren. Dengan demikian diharapkan mereka dapat berlatih hidup bermasyarakat dengan asas keihklasan dan kemandirian.

Pengaturankehidupan/kegiatan santri ditangani sepenuhnya oleh mereka sendiri melalui wadah Organisasi Santri Darunnajah 2  Cipining, Bogor (OSDC). Dalam pelaksanaannya para pengurus Organisasi ini dibimbing oleh para Ustadz/Guru yang sebagian besar mereka (90 %), tinggal di asrama/kampus Pesantren bersama santri, dengan tugas dan kewajiban masing-masing. Dan secara khusus sebagai pembimbing sakan para santri.

Untuk merealisasikan terciptanya kemandirian dan kedisplinan, maka dibuatlah jadwal aktifitas sehari-hari yang permanent, yang disesuaikan dengan waktu sholat lima waktu setempat :

I. Kegiatan Harian

Kegiatan Harian

II. Kegiatan Mingguan

`Kegiatan Mingguan-page-001

III.    Kegiatan Bulanan, Berkala dan Tahunan

Aneka Lomba, Laporan Pengurus Organisasi Santri dan Gudep kepada Pimpinan Pesantren (bulanan), Pekan Perkenalan/Khutbatul ‘Arsy (porseka) dan Jamrana (awal tahun pelajaran), Rihlah Ilmiyah (Study Tour), dan Rekreasi, Pergantian Pengurus, Laporan Umum dan Musyawarah Kerja Organisasi Santri dan Gudep Pramuka, Praktek Da’wah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM), Riset, Praktek Mengajar, Kursus Mahir tingkat Dasar (KMD), Leadership dan Kepemimpinan (LDK), Ujian kenaikan sabuk, Pelatihan Guru Madrasah Diniyah dan Pelatihan guru bela diri.

PANCA JANGKA, PANCA JIWA DAN MOTTO PESANTREN

Panca Jangka Pesantren

  1. Di dalam mengemban tugas, mengurus dan mengembangkan Pesantren Darunnajah 2  Cipining, Bogor diambil kebijaksanaan strategi sistematis dan berencana yang tertuang di dalam Panca Jiwa Pesantren, yaitu :
  2. Peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran
  3. Pembangunan sarana fisik yang memadai
  4. Penggalian sumber dana
  5. Penyiapan dan pemantapan kader
  6. Pemenuhan kebutuhan ummat/masyarakat sesuai dengan kepampuan Pesantren

Panca Jiwa Pesantren

  1. Keihklasan
  2. Kesederhanaan
  3. Ukhuwah Islamiyah
  4. Berdikari
  5. Kebebasan

Motto Pesantren

  1. Berbudi tinggi
  2. Berbadan sehat
  3. Berpengetahuan luas
  4. Berfikir bebas
  5. Kreatif

SARANA DAN PRASARANA SERTA ASET PESANTREN

  1. Masjid 4 bangunan : 1) Kampus 1, 2 bangunan, 2) Kampus 2 1 bangunan, 3) Kampus 3 1 bangunan
  2. Gedung asrama Santri dan Guru (Kampus 1 : Asrama Santri Putri, Kampus 2 : Asrama Santri Putra/Putri , Kampus 3 : Asrama Putra dan Kampus 4 Asrama Santri Cilik Putra)
  3. Gedung Sekolah/Ruang Belajar
  4. Sarana MCK, Toilet dan Instalasi air bersih
  5. Sarana air minum ultraviolet
  6. Perumahan Guru Keluarga
  7. Laboratorium Komputer
  8. Laboratorium Bahasa
  9. Laboratorium IPA
  10. Perpustakaan Pesantren dan Sekolah
  11. Aula/Gedung Pertemuan di Kampus 3
  12. Lapangan Olahraga (Sepak bola, Futsall, Basket, Volley, Badminton, Takraw, dll)
  13. Balai Kesehatan (Poskestren)
  14. Koperasi (Waserda, Walapa dan Kantin)
  15. Loundry
  16. Alat Musik (gitar, rebana, drum band)
  17. Lahan Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Perikanan
  18. Website
  19. Dapur Umum
  20. Listrik PLN (90.000 Watt)
  21. Rumah Pimpinan Pesantren
  22. Kendaraan/Mobil 3 buah
  23. Diesel Listrik dan Pompa air
  24. Genset
  25. Gudang penyimpanan
  26. Kantor TU/Kepala Sekolah, Keuangan, Sekretariat Pesantren dan Organisasi Pelajar.
  27. Danau seluas + 5000 m2