Berwudhu pastinya tidak asing dengan istilah ini, ya berwudhu adalah salah satu cara mensucikan diri dari hadas kecil. Berwudhu biasa nya dilakukan sebelum sholat guna mensucikan diri kita sebelum menghadap Sang Maha Kuasa. Namun berwudu dapat dilakukan kapan saja tidak hanya saat menjelang sholat. Berwudhu dapat dilakukan sebelum tidur, ketika hendak melakukan perjalanan, ketika kita dalam keadaan marah. Dan lainnya. Berwudhu ternyata memiliki berbagai manfaat lo teman, yaitu sebagai berikut :

MANFAAT AIR WUDHU BAGI KESEHATAN

  1. Membersihkan Tangan Kita. Kuman yang berada di sekeliling kita tanpa kita sadari sering menempel pada tangan kita. Karena banyak sekali aktifitas yang kita lakukan sehari-hari menggunakan fungsi tangan kita. Oleh karenanya dengan sering berwudhu berarti otomatis kita selalu mencuci tangan kita dan menjaga kita dari serangan kuman yang berbahaya bagi tubuh kita dan kesehatan kita.
  2. Mengurangi Sakit Kepala. Pada umumnya sakit kepala bisa disebabkan oleh stress atau tekanan psikologi dan panas matahari yang menerpa kepala kita. Oleh karenanya membasuh sebagian kepala saat berwudhu merupakan terapi untuk memberikan rasa segar pada otak kita sekaligus memberikan efek pemijatan pada kulit kepala. Maka dengan melakukan proses pembasuhan kepala ketika berwudhu dapat mengurangi rasa sakit kepala yang timbul.
  3. Mencegah sakit gigi dan gusi. Mulut yang selalu bersih dan bebas kuman akan mencegah kita dari serangan penyakit gigi dan gusi. Berkumur ketika berwudhu memberikan manfaat untuk membuang semua kotoran dan kuman penyebab penyakit gigi dan gusi dalam mulut. Dengan berkumur proses pembersihan sisa-sisa kuman dalam mulut akan lebih sempurna karena air dapat menembus sela-sela gigi dan gusi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.
  4. Terhindar dari penyakit kulit. Proses saat berwudhu terdiri dari mencuci sebagian besar anggota tubuh seperti wajah, tangan dan kaki, serta sela-sela kuping. Berbagai penyaki kulit seperti panu, kadas, atau pun kurap, akan dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihan kulit.
  5. Menjaga kesehatan hidung. Hidung rentan sekali terdapat kotoran, karena di dalam hidung terdapat bulu untuk menyaring kotoran ketika kita bernapas, agar kotoran itu tidak ikut masuk ke dalam paru paru. Dengan mencuci hidung ketika berwudhu berati membuang semua kotoran yang menempel di dalam hidung anda, sehingga hidung anda akan tetap sehat dan bebas dari kotoran.
  6. Mencerahkan mata kita. Saat kita mencuci wajah dalam berwudhu, sudah pasti mata kita juga akan terkena air wudhu, ini sangat baik bagi kesehatan mata anda. air yang menerpa mata akan membuat mata anda rileks dan segar, sehingga mata anda akan kembali cerah setelah lelah bekerja.
  7. Menyembuhkan insomnia. Anda kerap mengalami susah tidur? Yap, insomnia memang banyak menyerang para remaja. Padahal menurut kesehatan, tidur terlalu malam, bahkan pagi atau tidak tidur sekalipun mampu merusak organ anda secara otomatis. Maka kebiasaan insomnia memang sebaiknya di hilangkan. Caranya? Cukup ambil air wudhu sebelum tidur.
  8. Menormalkan detak jantung. Salah satu kegiatan wudhu yang sangat memiliki khasiat mumpuni adalah ketika anda membasahi anggota tubuh ke air. Hal ini mampu membuat kenormalan jantung untuk berdetak lebih stabil. Hasil ini bahkan sudah di teliti oleh Dokter Ahmad Syauqy yang expert di bidang penyakit dalam dan penyakit jantung di London.
  9. Bentuk dan upaya menstimulus syaraf pusat. Menurut penelitian yang di lakukan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels, beliau adalah psikiater sekaligus ahli di bidan neurology dari Austria mengakui sesuatu yang istimewa ketika seseorang berwudlu. Pusat syaraf manusia yang paling peka adalah pada bagian tangan, kaki serta sebelah dahi. Ketiga bagian ini bisa di katakana sangat sensitif dengan keberadaan air segar. Sehingga ketika anda membasuh ketiga bagian tersebut, secara tidak langsung anda membangunkan dan menstimulus syaraf pusat.
  10. Bebas dari kuman jahat. Kuman jahat mampu tumbuh dan berkembang dimana saja. Bahkan di setiap gagang pintu anda, di atas sprei, maupun di tempat nonton televisi anda merupakan tempat perkembangan kuman yang baik. Oleh sebab itu, anda di haruskan untuk selalu dalam keadaan bersih. Apalagi ketika tidur. Salah satu solusinya adalah dengan wudlu sebelum tidur. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa wudlu mampu mengurangi kuman kuman yang hidup dalam tubuh anda.
  11. Merilekskan otot sebelum tidur. Ketika siang hari, pasti aktivitas yang anda lakukan sangat banyak. Untuk itu perlu dilakukan untuk merilekskan otot. Manfaat wudhu sebelum tidur adalah salah satu cara untuk merilekskan otot yang kaku setelah seharian bekerja keras. Bahkan secara psikologis, seseorang yang telah melakukan wudhu akan nampak lebih rileks. Serta badan anda akan terasa segar kembali.

MANFAAT AIR WUDHU UNTUK KECANTIKAN

  1. Mencegah timbulnya jerawat. Wudhu berarti membersihkan, artinya setiap kita mencuci wajah kita, maka kotoran dan debu yang menempel pada wajah akan hilang terbuang oleh air wudhu. Bayangkan dalam satu hari kita melakukan setidaknya 5 kali wudhu itu berarti setidak nya 5 kali kita mencuci wajah kita dengan air wudhu dan kotoran penyebab jerawat yang menempel di wajah tidak diberikan kesempatan untuk berlama lama menempel di wajah anda, hal ini akan menghilangkan terjadinya penyebab jerawat di wajah anda.
  2. Membuat kulit wajah tetap lembab. Manfaat wudhu berikutnya yaitu wudhu melembap kan kulit wajah, karena setiap kita membasahi wajah kita dengan air wudhu, wajah kita akan tetap lembap dan akan membuat wajah kita tetap segar dan bersinar.
  3. Membuat awet muda. Mencuci wajah dalam berwudhu akan menjaga kulit wajah kita tetap lembap dan sehat, juga dapat membuang kotoran dan debu yang menempel, artinya wajah kita akan selalu bersih bercahaya dan ini membuat kulit wajah anda sehat sehingga anda akan terlihat awet muda dengan berwudhu. Mudah bukan ?? untuk apa kita mengeluarkan biaya yang mahal dengan pergi ke salon untuk mendapatkan wajah yang awet muda, sedangkan ada cara yang tidak mengeluarkan biaya dan juga sangat mudah yaitu, berwudhu. Baca juga: Cara menghilangkan jerawat dan bekas jerawat secara alami dan cepat Cara membersihkan wajah kusam secara alami dan benar Cara menghilangkan minyak di wajah secara permanen terbukti Cara memutihkan kulit wajah,tangan,ketiak & selangkangan secara alami
  4. Memancarkan innerbeauty. Manfaat wudhu yang terakhir yaitu, dengan berwudhu akan memancarkan kecantikan dari dalam atau innerbeauty, mengapa karena berbagai efek positif wudhu akan menunjukkan kecantikan alami seseorang, walaupun tanpa riasan make up tebal.

 

(LISAN/rifdaayu)

 

Recent Posts

Mengenal Pendidikan Hafalan Al-Qur’an yang Teruji

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, seseorang dapat memperoleh ilmu…

1 day ago

Pendidikan Pesantren: Membangun Intelektualitas dengan Kearifan Lokal

Pendidikan merupakan salah satu pilar terpenting dalam membangun peradaban manusia. Melalui pendidikan, seseorang dapat mengembangkan…

2 days ago

Buka Puasa Bersama Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14: Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat

Suasana kebersamaan dan kebahagiaan terpancar dalam acara Buka Puasa Bersama Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14,…

3 days ago

Santri Darunnajah 14 memperoleh predikat juara favorit dalam ajang Santri Digitalpreneur 2024

Sebuah kompetisi yang menghadirkan kegiatan pelatihan voice over oleh Ka Tisa Julianti dan Agus Hariyadi.…

3 days ago

Membangun Hafalan Al-Qur’an yang Terpercaya

Pendidikan agama Islam merupakan fondasi penting dalam pembentukan karakter dan akhlak seorang anak. Di tengah…

4 days ago

Metode Unik Pembelajaran di Pesantren yang Terbukti Efektif Membentuk Karakter Santri

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap individu. Namun, tidak semua lembaga pendidikan mampu…

6 days ago