Menu

Ternyata Air Wudhu Berdampak Positif Untuk Kesehatan Diri Kita

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Santri Sedang Berwudhu

Wudhu adalah kegiatan rutin yang selalu kita kerjakan setiap harinya karna setiap 5 waktu sholat kita mengambil air wudhu. Tidak menutup kemungkinan untuk kita selalu berwudhu.

Rasulullah SAW., pun menganjurkan umatnya untuk menjaga wudhu walaupun itu tidak sedang melakukan shalat. Karena banyak khasiat yang tersimpan di dalamnya. Allah SWT., pun menyuruh hambanya untuk bersuci dalam firmannya :

اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ التَّوَّابِيۡنَ وَيُحِبُّ الۡمُتَطَهِّرِيۡنَ

(sesungguhnya allah menyukai orang yang bertaubat dan mnsucikan diri)

Jikalau kita memiliki dosa kepada Allah STW., maka segeralah untuk bertaubat dan mensucikan diri. Mensucikan diri disini maksudnya adalah mulailah dengan perbuatan yang baik, perbuatan yang disenangi oleh allah.

Rasullallah SAW., menganjurkan kepada umatnya untuk melaksankan wudhu sebelum melakukan suatu pekerjaan dan ternyata apa yang disunnahkan oleh Rasullallah SAW., ini memiliki dampak positif dan mempunyai efek positif bagi kita. Beberapa dampak positif yang wudhu miliki jika kita melakukannya :

1. Membersihkan tangan dari kuman yang ada pada tubuh kita.

2. Mengurangi sakit kepala diakibatkan stress. Karena ketika berwudhu memberikan efek terapi ketika kita memijat kepala.

3. Mencegah sakit gigi dan gusi,ini kita lakukan ketika kita kumur-kumur.

4. Terhindar dari penyakit kulit.

5. Menjaga kesehatan hidung.

6. Mencerahkan mata kita.

7. Menyembuhkan insomnia.

8. Menormalkan detak jantung.

9. Bentuk dan upaya menstimulus syaraf pusat.

10. Bebas dari kuman jahat.

11. Merilekskan otot sebelum tidur.

Subhanallah, ini lah dampak positif yang ditimbulkan ketika kita berwudhu. Apalagi alasan kita untuk tidak menjaga wudhu kita untuk melakukan aktifitas sehari-harinya. Ya, wudhu tersebut berdampak positif bagi diri kita dan tidak membahyakan kita. Maka dari itu, perbaiki lagi rukun serta tata cara wudhu kita masing-masing.

 

(DN.COM/arulanisrullh)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait