Apa Yang Perlu, Kerja Keras atau Kerja Cerdas?

Saat melakukan pekerjaannya, banyak orang yang hanya fokus bagaimana untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sehingga, seringkali kamu mengerjakannya tanpa memahami apa sebenarnya tugas tersebut dan justru membuang lebih banyak waktu. Padahal, waktu serta tenaga yang kamu miliki begitu berharga. Supaya kamu tidak perlu bekerja keras namun tetap mendapatkan hasil maksimal, coba terapkan 11 cara dibawah ini, deh!

1. Pelajari inti permasalahan sebelum bertindak.

Agar kamu menyelesaikan tugas dengan cepat, maka kamu harus memahami dulu apa inti dari tugas atau permasalahan yang sedang dihadapi. Kalau sudah mengerti, otomatis apapun yang kamu lakukan akan menjadi lebih lancar dan kamu bisa menyelesaikannya dengan baik.2. Jangan lupa, buat sebuah list tentang hal-hal yang kamu perlu lakukan secara berurutan, step by step.

Mengerjakan sebuah pekerjaan dengan acak tanpa urutan akan membuatmu bingung dan seringkali membuatmu lupa apa yang sudah dikerjakan dan mana yang belum dikerjakan. Buatlah list secara berurutan untuk membantumu memeriksa seluruh hasil dari pekerjaan tersebut.

3. Melakukan aktivitas sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Jika seseorang mengerjakan hal yang kurang dia sukai, tentu performanya akan menurun. Sangat penting untuk mengetahui apa keahlian masing-masing dalam diri kita untuk mendapatkan hasil maksimal.

6. Beristirahatlah, sesering mungkin!

Beraktivitas terus menerus justru membuat produktivitasmu berkurang. Lebih baik kamu beristirahat 30 menit sekali, supaya pikiranmu terus terasa segar dan staminamu juga tidak berkurang.

8. Selingi pula aktivitas kerja kamu dengan mengobrol, minum atau minum, dan lakukan hal lain yang kamu sukai.

Duduk terus menerus akan membuatmu jenuh. Kalau kamu ingin membuat sesuatu, lalu duduk santai di meja kerja sah-sah saja, kok. Justru hal itu harus kamu lakukan agar tidak merasa suntuk dalam bekerja.

9. Cobalah keluar rumah atau kantor sejenak, menghirup udara segar sekaligus melihat warna langit yang begitu indah.

Kalau idemu sudah mulai habis, cobalah menghirup udara segar diluar, siapa tahu inspirasi baru akan menghampiri dan kita bisa bekerja lebih lancar saat kembali bekerja nanti.

11. Selalu buat agenda secara rutin!

Bekerja secara teratur dan teroganisir akan sangat membantumu. Kamu bisa menghemat lebih banyak waktu karena segalanya tertata dengan baik, dan waktumu untuk bersantai lebih banyak. Melalui kerja cerdas, kamu tidak akan stress dalam menghadapi segala permasalahan yang ada di hadapanmu.

Jadi, apakah kamu sudah bekerja dengan cerdas?

(DN.COM)

Recent Posts

Kunjugan Pondok Pesantren Jagat Arsy Ke Pondok Pesantren Darunnajah

Pada tanggal 4 Mei 2024 Pondok Pesantren Darunnajah kedatangan tamu dari Pondok Pesantren Jagat Arsy…

8 hours ago

Pendidikan Pesantren: Menggali Kearifan Lokal dalam Pendidikan Santri

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan manusia. Dalam konteks Indonesia, pendidikan pesantren menjadi…

22 hours ago

Silaturrahim Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah dengan Direktur Liga Muslim Dunia

Direktur Liga Muslim Dunia (Rabithah al-'Alam al-Islami) Jakarta, Abdurrahman Al-Khayyath menyambut baik kunjungan Pimpinan Pesantren…

2 days ago

Seminar Kepramukaan : Pramuka Milenial Beradaptasi Di Era New Normal

Seminar Kepramukaan yang dibawakan oleh Kak Abdul Basith Kasyful Anwar, S.Pd., CPSM., CIHC, memperoleh antusiasme…

2 days ago

Momen Kebersamaan: Halal Bi Halal di Darunnajah 9

Pada Selasa, 23 April 2024, di Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9, dilangsungkan acara Halal…

2 days ago

Santriwati Darunnajah 9 Raih Prestasi Hebat dalam Lomba Kepramukaan

Pada Sabtu, 27-28 April 2024, MAN INSAN CENDEKIA menggelar lomba kepramukaan yang meriah. Kegiatan ini…

2 days ago