Empat hari sudah kelas XII MA mengerjakan soal-soal ujian akhir madrasah berstandar nasional (UAMBN). Kesibukan inipun sepertinya masih akan tetap berlanjut hingga 4 hari ke depan. Hanya saja, soal-soal yang dihadapi mulai hari ini (Kamis, 10/3/11) sudah masuk pada materi-materi umum semisal Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi, dll. Sedangkan pelajaran yang telah diselesaikan ialah pelajaran madrasah seperti Bahasa Arab, Aqidah Akhlak, dan lainnya.

Usai dari UAMBN nanti, keenam puluh siswa/i (santri) kelas XII ini akan kembali bertemu dengan ujian selanjutnya. Pada tanggal 21 Maret hingga 3 April contohnya, ujian akhir pesantren atau yang biasa disebut ujian niha’i telah menghadang. Dalam ujian nihi’i inipun hal baru akan diberlakukan, selain ujian tulis ada pula ujian lisan. Setelah itu, Ujian Nasional (UN) juga telah dijadwalkan sekitar tanggal 18 April 2011.

Tidak hanya kelas santri XII MA yang harus siap dengan kegiatan akhir yang cukup melelahkan tersebut. Kepala Madrasah beserta dewan guru, juga musti siap sebagai pendamping dan pembimbing. Selain memberikan pengawasan kepada peserta ujian, dewan guru juga terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, baik secara formal maupun pelajaran tambahan di luar jam formal, yaitu bimbel. (Wardan/Billah)

Recent Posts

Silaturrahim Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah dengan Direktur Liga Muslim Dunia

Direktur Liga Muslim Dunia (Rabithah al-'Alam al-Islami) Abdurrahman Al-Khayyath menyambut baik kunjungan Pimpinan Pesantren Darunnajah…

14 hours ago

Seminar Kepramukaan : Pramuka Milenial Beradaptasi Di Era New Normal

Seminar Kepramukaan yang dibawakan oleh Kak Abdul Basith Kasyful Anwar, S.Pd., CPSM., CIHC, memperoleh antusiasme…

23 hours ago

Momen Kebersamaan: Halal Bi Halal di Darunnajah 9

Pada Selasa, 23 April 2024, di Pondok Pesantren Putri Al-Hasanah Darunnajah 9, dilangsungkan acara Halal…

1 day ago

Santriwati Darunnajah 9 Raih Prestasi Hebat dalam Lomba Kepramukaan

Pada Sabtu, 27-28 April 2024, MAN INSAN CENDEKIA menggelar lomba kepramukaan yang meriah. Kegiatan ini…

1 day ago

Bertumbuh Bersama Sains: Kunjungan Klub IPA Darunnajah 9 ke Universitas Itera Lampung

Kunjungan Klub IPA Darunnajah 9  ke Universitas ITERA Lampung pada Jumat, 19 April 2024, menjadi…

1 day ago

HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG MINGGUAN (27 – 28 APRIL 2024)

بسم الله الرحمن الرحيم SURAT KEPUTUSAN 89.A/PPSB-TMI/DN/IV/2024 Sifat: Penting, Mohon Perhatian TENTANG HASIL TES SELEKSI…

2 days ago