Menu

Tips Bahagia Dunia Akhirat dari Pimpinan Pesantren

Ibadah Kunci Bahagia

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Tips Bahagia Dunia Akhirat
Tips Bahagia Dunia Akhirat

Tips Bahagia Dunia Akhirat?

Siapa sih yang tidak mau bahagia ketika hidup di dunia, bahkan di akhirat? Pasti semua orang sangat mengiginkannya. Tapi apakah semua kebahagiaan itu mudah didapatkan? Jika iya, bagaimanakah caranya? Mari simak penjelasan berikuti ini.

Seperti biasa, majelis ilmu ini adalah agenda rutin (05/09/2018) yang diadakan oleh Pimpinan Pesantren bersama para guru dan mahasiswa STAIDA Bogor setelah selesai sholat subuh berjama’ah.

Apa itu ibadah? Ibadah bukan hanya sekedar sholat, sodaqoh, dzikir saja tetapi sangat luas sekali cakupannya. Berkata baik atau bagus juga termasuk ibadah. Bahkan hanya sekedar senyum juga ibadah.

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah

Ketika kita mengajar juga termasuk ibadah, tetapi jika niat kita untuk mencari rezeki maka itu bukan termasuk ibadah. Semua kembali pada niat awal, maka niatkanlah untuk mendapatkan balasan dari Allah SWT.

Jika sudah berniat untuk ibadah, apakah kita tetap mendapatkan keuntungan duniawi?

Tentu, bahkan kita akan dapatkan keuntungan dunia dan akhirat, karena Allah itu mampu memberi. Bahkan jika kita tidak meminta sekalipun kepada Allah, tetapi kita ikhlas, maka Allah tetap akan memberi.

Karena ketika kita didalam kandungan seorang ibu, semua ketetapan telah Allah berikan kepada kita, maka semua itu tidak akan hilang.

Sekarang bagaimana dengan orang yang selalu kesusahan dan kekurangan?

Semua itu disebabkan oleh perbuatan buruk dan dosa-dosanya. Tetapi ada juga yang hidup di dunia tetapi semua kebutuhannya telah tercukupi. Memang tidak banyak tetapi tercukupi dan merasakan kebahagiaan.

Di pesantren, niatkanlah untuk ibadah mendapatkan ilmu pengetahuan bukan hanya untuk mendapatkan pekerjaan.

Boleh saja kita bercita-cita. Tetapi, yang lebih utama adalah serahkan semuanya kepada Allah. Karena Allah pasti akan memberikan yang terbaik untuk kita semua.

Apa kunci agar kita mendapatkan kesejahteraan dunia dan akhirat? Ibadah. Ibadah apa saja? Mari kita simak.

Sholat

Ibadah sholat adalah ibadah yang paling utama, karena banyak sekali perilaku yang baik didalamnya. Mulai dari niat, toharoh (bersuci) dalam arti berwhudu maupun mandi. Menghadap kiblat, menutup aurat, qora’ah (membaca bacaan-bacaan alquran) semua itu termasuk ibadah. Jadi sholat itu lengkap sekali dengan berbagai macam rangkaian ibadah.

Jika kalian duduk diantara dua sujud, apa yang kalian baca?

رَبِّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَارْفَعْنِيْ وَارْزُقْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَعَافِنِيْ وَاعْفُ عَنِّيْ

“Ya Allah,ampunilah dosaku,belas kasihinilah aku dan cukuplah segala kekuranganku da angkatlah derajatku dan berilah rezeki kepadaku,dan berilah aku petunjuk dan berilah kesehatan padaku dan berilah ampunan kepadaku

Agar kebih khusyu’, mari kita pahami makna do’a tersebut satu per satu:

Rabbighfirlii = Ya Tuhanku ampunilah aku

Warhamnii =  dan sayangi aku

Wajburnii = dan tutuplah aib-aibku

Warfa’nii = dan angkatlah derajatku

Warzuqnii = dan berilah aku rezeki

Wahdinii = dan berilah aku petunjuk

Wa’aaifinii = dan sehatkanlah aku

Wa’fuanii = dan maafkanlah aku

Itulah kegiatan kita setiap hari. Jika sudah tahu keutamaan bahkan dahsyatnya sholat, tetapi mengapa masih malas-malasan?

Ingat, berapa kali kita melakukan sholat? berapa banyak raka’at? berapa banyak bacaan yang kita ucapkan? Semua kebaikan itu akan kita dapatkan setiap harinya.

Ibadah sholat ini adalah ibadah yang sangat mencakup semua jenis ibadah, mulai dari batiniah maupun lahiriah. Karena didalam sholat juga terdapat tuma’ninah (tenang yang merupakan sebuah syarat untuk mencapai kekhusyuan dalam shalat)

Iman itu adalah penyebab utama untuk melakukan ibadah. Dia sudah mengetahui ilmu dan keutamaan ibadah, tetapi dia tidak mengamalkan maka iman dia lemah. Orang yang tidak mengamalkan berati dia tidak mempercayai. (WARDAN/Mbafer)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait