Panen buah naga di dak rumah
Menu

Panen buah naga di dak rumah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokaatuh

Lazimnya tabulampot buah naga berupa drum Besi beton atau tumpukan batu bata. Kalau menggunakan beton atau batu bata gampang berlumut sehingga terlihat kotor dan harus sedikit sering dibersihkan.

Setiap pot keramik diletakkan di landasan besi berbentuk x setinggi 10 cm. Di setiap sudut landasan dipasang lenjeran besi setinggi 2 M untuk menopang color besi penopang dilapisi plastik berwarna hijau untuk mencegah korosi. Dalam setiap pot Kita bisa menanam 4 tanaman kita menggunakan media tanam berupa campuran pasir malang serta pupuk kandang dan kompos dengan perbandingan 1:1:1:1

Buah naga tergolong tanaman yang butuh banyak air tapi tidak tergenang. Kondisi media tanam yang selalu basah berisiko mengundang kehadiran cendawan penyebab bau busuk datang.

Jadi setiap tanaman bisa mempertahankan lima solor produktif karena itu kita rutin melakukan pemangkasan sulur. Sulur yang dipertahankan yang kondisinya prima. Setiap sulur diikat ke tiang penopang dengan tali plastik agar tidak tergelincir.

Sepertiga bagian akar naga yang melingkar di dasar pot dipotong sebagian pemangkasan akar membuat tanaman stres dan memicu munculnya bunga. Setelah itu kita bisa menambahkan media tanam baru berupa campuran guano dan pasir malang dengan perbandingan 1 banding 1. Penggantian media dilakukan pada 3 bulan sekali.

Beberapa unsur mikro seperti magnesium dan kalsium fosfor berperan mengikat sinar matahari menjadi energi kimia yang dibutuhkan tanaman dalam bentuk proses fotosintesis untuk membentuk karbohidrat. Semakin tinggi karbohidrat maka rasio karbon dan nitrogen semakin tinggi saat ketika itulah tanaman beralih dari fase vegetatif ke generatif yang ditandai dengan munculnya bunga

Demikian tips menanam buah naga di dalam pot. Semoga bermanfaat.

(dn13/ghofur)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait