Menu

Ketika Sang Naga Bonar Membuat Spirit Santri Darunnajah Berkobar!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Siapa yang tidak kenal dengan Deddy Mizwar?. H. Deddy Mizwar yang lahir di Jakarta, Indonesia , 5 Maret 1955 lalu adalah Wakil Gubernur Jawa Barat sejak 13 Juni 2013. Ia juga merupakan seorang aktor senior dan sutradara Indonesia. Ia pernah menjadi Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional periode 2006-2009. Deddy Mizwar merupakan politikus dari jalur independen yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera. Pada Pilkada Jawa Barat 2013, dia terpilih sebagai wakil gubernur mendampingi Bapak H. Ahmad Heryawan, Lc.

Malam Anugerah Festival Film Santri 2017 semakin terasa lengkap dan hebat dengan kehadiran Deddy Mizwar yang notabene aktor ulung dalam berbagai film, salah-satunya adalah film Naga Bonar. Om Dedy, panggilan akrabnya di kalangan insan perfilman, memberikan masukan kepada santri peserta festival film santri 2017. Ia mengatakan, membuat film adalah bagaimana cara mengapresiasikan apa yang dirasakan.

Membuat film yaitu bagaimana cara menvisualisasikan ekspresi sesuai rasa diri sendiri. Namun yang paling penting dan paling mahal yaitu tentang teknis meramu gagasan.

“Yang mahal teknis meramu gagasan bukan sekedar membuat gambar,” ujar Deddy, dalam acara malam anugerah festival film santri 2017, di Kantor Kementerian Agama, Thamrin, Jakarta, Sabtu (25/3) malam.

Menurut Deddy Mzwar bahwa film itu seperti ‘sihir’ yang berarti bisa mempengaruhi orang untuk menangis sedih, tertawa bahagia dan sebagainya. Oleh karenanya ia  juga menekankan agar film dapat ikut menyampaikan nilai-nilai ketuhanan. Terlebih kemajuan teknologi yang sangat cepat film dapat diakses dengan mudah. Untuk itu, Deddy Mizwar meminta santri agar memanfaatkan teknologi dengan efektif. Disamping itu, Deddy Mizwar juga mengharapkan santri untuk terus belajar membuat film.

“Sehingga lahir sineas-sineas dari pesantren,” kata aktor yang populer dalam sinetron “Para Pencari Tuhan”.
Festival Film Santri 2017 diselenggarakan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang berupa Lomba Film Pendek Islami antar Pesantren se-Indonesia. Dimulai sejak September 2016 lalu, event ini berlangsung sampai 28 Februari 2017.

Festival film ini diikuti para santri pesantren dan siswa boarding school tingkat SLTP dan SLTA. Sebanyak 118 film pendek yang terjaring dari berbagai pesantren dan Boarding School di Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara. Dalam hal ini, para santri Darunnajah 2 Cipining Bogor juga turut andil mengirimkan film karya mereka. Meskipun belum masuk nominasi 5 besar, namun langkap dan keaktifan para santri dalam lomba tingkat nasional ini patut diapresiasi.

Berkah. Ya, kata ini mewakili perasaan para santri Darunnajah 2 Cipining Bogor ketika seusai acara berkesempatan foto bersama wakil gubernur mereka. Ketika Bapak Deddy Mizwar keluar dari auditorium utama malam anugerah festival film santri 2017, maka ustadz Muhlisin Ibnu Muhtarom dan ustadz Afif Maghfuri Tachroni selaku pendamping Duta Kesenian santri  (tim Marawis, Nasyid, Tari Indang santri Darunnajah 2 Cipining Bogor mendapat kesempatan tampil pada malam anugerah festival film santri tersebut-red) segera melobi beliau untuk berkenan berfoto bersama para santri dengan ungkapan: “Pak wagub, ini tadi para santri yang tampil ingin berfoto dengan bapak, kami dari Bogor!”. Dan ternyata beliau bersedia dengan suka-cita sambil bertanya: “Bogornya di kota atau kabupaten?”. Dan ketika beliau sudah tahu bahwa posisi pesantren Darunnajah  ada di Bogor Barat, langsung menimpali: “Oh ya, nanti akan ada bangunan miniatur masjid-masjid dunia di daerah sana!”. Singkat cerita, para santri merasa bahagia dan bangga bisa mendapatkan kesempatan transfer motivasi langsung dari pemimpin mereka. (wardan/mr. mim).

Duta Kesenian Santri Darunnajah 2 Cipining Bogor Berfoto Bersama H. Deddy Mizwar, Wakil Gubernur Jawa Barat.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

STAI Darunnajah Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darunnajah kembali membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru tahun ajaran 2020/2021. STAIDA merupakan lembaga perguruan tinggi milik Yayasan Darunnajah. Letaknya tidak