Suasana saat pelepasan di darunnajah 2

Pondok Pesantren Darunnajah mempunyai kegiatan wajib tahunan yang dilaksanakan oleh santri kelas akhir TMI yaitu Peraktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat (PDPM) meskipun ada kata “Dakwah” tetapi kita secara garis besar mengikuti kegiatan masyarakat.

Keceriaan santri putri darunnajah 2 ketika sampai

Santri kelas akhirpun sangat semangat dalam melaksanakan agenda ini dan siap menerima keadaan apapun yang akan mereka terima dilokasi tempat mereka belajar bermasyarakat.

Keceriaan anak anak saat bertemu dengan santri putri darunnajah 2

Alhamdulillah dari masyarakatpun menyambut dengan baik santri darunnajah cipining,  dengan berbagai ilmu pelajaran yang mereka pelajari di pondok dapat di salurkan kepada anak anak yang mereka temukan di lokasi.

Kerajinan internasional dari Bogor utara

Alhamdulillah santri putri darunnajah 2 banyak mendapatkan ilmu dari masyarakat yang mereka tempati dari berbagai macam kerajinan tangan nasional bahkan sampai internasional.

Mengajar di TPA

Mereka juga membantu masyrakat dalam kegiatan sosial yang ada di lingkungan masyarakat sekitar dari kegiatan bercocok tanam, membantu kegiatan posyandu, mengajar TPA hingga membersihkan masjid/musholla yang ada di masyarakat.

Anak anak yang belajar membaca Al-quran

Banyak anak anak yang meminta mereka untuk belajar membaca al-qur’an, dan meminta kisah cerita mereka selama berjuang dipondok pesantren darunnajah 2 cipining.

Santri putri darunnajah 2 cipining untuk tahun ini berada di kecamatan Bogor Utara, dengan adanya belajar bermasyarakat ini harap menjadikan mereka para santri putri siap untuk terjun di masyarakat pada kemudian hari.

Karna dari masyarakat untuk masyarakat dan kembali ke masyarakat, dalam kegiatan ini santri juga yang akan nantinya akan dilepas kemasyarakat setelah mereka lulus dari pesantren darunnajah 2 cipining.

Pak Walikota bogor berulangtahun di Kel.Tanah baru

Pak walikota bogor hadir dan memberi apresiasi yang sangat bagus, dan menyambut santri putri dengan ramah, karna agenda PDPM ini bertepatan dengan ulang tahun pak Walikota yang ke-46 tahun.

Menjadi guru TPA

Alhamdulillah dengan kegiatan ini santri makin siap menghadapi lingkungan masyarakat yang akan kelak mereka akan temui.

Kegiatan pagi hari

Belajar bermasyarakat itu sangat penting dan wajib kita pelajari walaupun tidak ada di pelajaran sekolah tapi ini adalah pelajaran kehidupan yang wajib mereka pahami.

Membantu kegiatan di pos yandu

Alhamdulillah dengan adanya agenda ini pondok pesantren darunnajah 2 dan darunnajah lain semakin di kenal oleh masyarakat indonesia.

(irsyad annawfal)