Upacara pelepasan kafilah PDPM

Di Darunnajah 2 Cipining, dakwah tidak hanya melalui khutbah ataupun ceramah. Melalui berbagai kegiatan positif dan islami, kita dapat menyalurkan nilai-nilai keagamaan kepada masyarakat salah satunya adalah Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat atau biasa disebut PDPM.

Santri Darunnajah 2 Cipining antusias mengikuti kegiatan PDPM

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib santri akhir kelas 6 TMI. Seluruh santri kelas 6 TMI disebar ke beberapa titik di wilayah Bogor Utara. Kegiatan ini berlangsung selama sepuluh hari dan biasa dilaksanakan pada akhir tahun.

Kegiatan mengajar di TPA oleh santri putra Darunnajah 2 Cipining

Di lokasi, mereka diminta untuk turut andil dalam kegiatan masyarakat, seperti mengajar TPA/TPQ , ikut serta dalam kegiatan pemuda setempat, sampai bakti sosial. Di sana, mereka juga dapat berbagi ilmu yang mereka dapatkan selama menuntut ilmu di Pesantren.

pengenalan ekstrakulikuler seni bela diri pada anak-anak

Santri kelas 6 TMI terlihat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, karena melalui Praktik Dakwah dan Pengembangan Masyarakat ini mereka mampu menyalurkan bakat dan keterampilan yang mereka miliki, seperti seni bela diri, marawis, hadroh, dan berbagai ekstrakulikuler yang diajarkan di pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Pertandingan persahabatan oleh santri putra dan pemuda

Dari PDPM, mereka juga dapat meningkatkan ukhuwah islamiyah dan menjalin silaturahmi antar masyarakat, sebagaimana yang tercantum pada Panca Jiwa Pesantren yang ke empat “Ukhuwah Islamiyah”.

Mereka dilatih untuk bisa menyesuaikan diri dan berbaur dimasyarakat. Apapun yang mereka dapatkan dimasyarakat nantinya akan menjadi bekal, baik dari segi pengalaman maupun ilmu yang mereka dapat dimasyarakat.

(Mutiara Balqist)