Wahai Anak Adam, Jangan Kau Hilangkan Permatamu Dengan Perkara Ini !

Wahai Anak Adam, Jangan Kau Hilangkan Permatamu Dengan Perkara Ini !

 

Rasulullah saw. Bersabda :

“Ada empat permata pada diri anak Adam yang dapat dihilangkan dengan empat perkara lainnya. Keempat permata tersebut adalah :

  1. Akal
  2. Agama
  3. Haya’ (rasa malu); dan
  4. Amal shalih

Kemarahan dapat menghilangkan akal sehat.Hasud (dengki) dapat menghilangkan agama.Tamak dapat menghilangkan haya’ (rasa malu).Ghibah (mengumpat) dapat meghilangkan amal shalih”.

 

Akal adalah permata rohani ciptaan Allah yang diletakkan pada diri manusia, sehingga manusia bisa mengetahui perkara yang haq dan yang batil.Akal juga merupakan pembeda yang nyata antara manusia dan hewan.

 

Agama adalah aturan Allah yang mengajak orang berakal sehat untuk menerima segala yang dibawa oleh Rasul.

 

Hasud adalah mengharapkan lenyapnya kenikmatan yang ada pada orang lain.

Berkaitan dengan perihal marah, Rasulullah saw. Bersabda :

يَا مُعَاوِيَةُ إِيَّاكَ وَالْغَضَبَ فَإِنَّ الْغَضَبَ يُفْسِدُ الْإِيْمَانِ كَمَا يُفْسِدُ الصَّبِرُ الْعَسَلَ

“wahai mu’awiyah, jauhilah olehmu marah, karena marah dapat merusak iman sebagaimana pahitnya shabr (bratawali) merusak manisnya madu”. (HR. Baihaqi)

Ghibah adalah menyebut-nyebut kejelekan orang lain di belakangnya dan kejelekan itu memang betul adanya. Apabila kejelekan yang disebut-sebutkan itu tidak ada padanya, maka berarti itu tuduhan fitnah. Jika menyebut-nyebut kejelekan orang lain itu dilakukan di hadapannya itu disebut memaki.

 

Semoga kita diberikan pertolongan oleh Allah agar selalu berhati-hati dalam menjaga mutiara yang diberikan kepada kita semua.Amin. (dn.com/as)