ist36Darunnajah -Cipining.com. Integritas atau kejujuran kini menjadi kata-kata primadona dalam pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini, pasalnya Anies Baswedan Mendikbud menyatakan bahwa tujuan dilaksanakannya UN bukan hanya sebatas untuk pemetaan tapi untuk membentuk generasi pembelajar yang integritas.

Dari tahun ke tahun UN menjadi momok yang amat menyikut psikologi siswa, Kita sering mendengar bahkan menyaksikan ketika siswa mengalami stress, Depresi, Galau, Frustasi bahkan bunuh diri lantaran tidak lulus sekolah.

- Advertisement-

Betapa besar dampak yang dihadapi oleh segenap remaja Indonesia, seketika perjuangannya selama tiga tahun, uang, tenaga, dan fikiran. Hanya berakhir dalam tombak Ujian Nasional dan mengabaikan berbagai pengorbanan serta proses pembelajaran yang telah sekian waktu para siswa lewatkan.

Ujian Nasional tahun ini membawa angin segar, berhembus kebijakan dari MenDikBud Anies Baswedan bahwa Ujian Nasional kali ini ditentukan kelulusannya dengan presentasi nilai Sekolah dan nilai UN yang telah disepakati oleh pihak sekolah masing-masing.

Meskipun begitu tidak menjadikan Darunnajah Cipining untuk melandaskan semangatnya, tapi justru pesantren terus berusaha untuk terus mendidik seluruh siswanya sampai ke gerbang kelulusan dan dapat melanjutkan ke sekolah yang mereka harapkan.

ini terlihat dari keseriusan pesantren mengadakan persiapan UN bagi seluruh siswa dengan mengadakan bimbingan belajar secara intens, pemadatan materi UN, serta Try Out yang dilaksanakan bahkan sampai 5 kali. tak hanya sampai disitu seluruh guru Darunnajah pun selalu memberikan motivasi kepada seluruh kelas IX MTs/SMP agar mereka memiliki kesiapan mental yang baik dalam mengahapi UN.

Pesantren Darunnajah adalah sekolah yang tidak hanya mendidik siswa-siswinya untuk bisa meraih nilai akademik yang baik tapi aspek afektik atau sikap siswalah yang menjadi perhatian. Hal ini sangat sejalan dengan pendidikan berkarakter yang digembar-gemborkan dalam pendidikan sekarang. Terutama nilai integritas yang menjadi tujuan dalam pelaksanaan Ujian Nasional.

Trus bagaimana pelaksanaan Ujian Nasional di darunnajah dengan adanya kebijakan ini. Senin pagi (04/05)  seluruh SMP/MTs sederajat  di Indonesia tengah melaksanakan Ujian Nasional, termasuk di Darunnajah, pukul 06.30 semangat remaja lima belas tahunan mulai menyerbak, langkah kaki siswa-siswi yang berseragam biru-putih mulai menapaki paping blok yang diapit oleh danau dan sawah, menuju gedung cikarang.

Suara gemericik air dari sungai yang behias dalam sawah, dan dayunya gelombang air danau ditambah lembutnya sorot mentari pagi menyambut pejuang-pejuang ilmu yang akan berperang menghadapi lembaran-lembaran soal Ujian Nasional.

ist34

Setelah seluruh siswa-siswi datang, mereka dikumpulkan didepan gedung cikarang untuk mengikuti upacara terlebih dahulu, pada kesempatan itu Ust Nasikhun, SE selaku Kepala Sekolah MTs menyampaikan beberapa himbauan kepada para peserta Ujian Nasional agar senantiasa menjaga kesehatannya, Menjaga disiplin, tidak datang terlambat, mengisi LJUN dengan benar serta mengerjakan UN dengan jujur.

Setelah upacara peserta ujian masuk ruangan masing-masing, ujian dimulai pukul 07.30 WIB ditandai dengan bunyi bel, seluruh pesertapun berdo’a bersama dan mulai mengisi LJUN dan soal, dan akan berakhir pada pukul 09.30 WIB, ujian berlangsung selama dua jam.

Ujian yang diselenggarakan digedung cikarang sebrang kampus tiga ini, diikuti oleh  seluruh kelas IX SMP/MTs yang berjumlah 304 siswa/i MTs dan SMP dengan rincian 275 siswa/i MTs. 166 Putra, 109 Putri. dan 29 Siswa/i  SMP 12 Putra, 17 Putri. Ruangan yang digunakan untuk pelaksanaan UN adalah 18 ruang, 14 ruang ujian MTs, 2 ruang ujian SMP, 1 ruang pengawas dan 1 ruang untuk panitia.

Pelaksanaan Ujian Nasional akan berlangsung selama empat hari dengan jadwal

” Semoga dengan ujian ini dapat menumbuhkan nilai kejujuran dari siswa karena kami tidak memberikan vitamin ataupun bocoran apapun kepada peserta ujian, dan kami berharap agar seluruh peserta lulus 100 % tanpa adanya kecurangan dari pihak manapun” tukas Ust Isa Abdillah S.E dan Ust Nasikhun S.E selaku Kepala Sekolah SMP dan MTs Darunnajah. (Isqo)

Tentang Kami

Darunnajah menyelenggarakan lembaga pendidikan yang lengkap dari tingkat Paud, TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pesantren sampai Perguruan Tinggi. Berikut ini kami sampaikan brosur berisi informasi profil lembaga, pendaftaran, biaya, lokasi, nomor kontak, fasilitas, kegiatan, prestasi, dan informasi-informasi penting lainnya. → Klik disini

Punya Pertanyaan?

Kami siap membantu anda. Sampaikan pertanyaan, saran dan masukan anda kepada kami. Silahkan isi form kontak yang telah kami sediakan. Klik pada link berikut ini → Klik disini

Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor menyelenggarakan pendidikan Pesantren Modern untuk santri putra dan putri mulai dari jenjang PAUD, TK, SD, MTs (Tsanawiyah), MA (Aliyah), SMP, SMA, SMK sampai Perguruan Tinggi. Pesantren ini memadukan kurikulum Pondok Modern Gontor, Nasional dan Salaf. Darunnajah Cipining menyediakan banyak beasiswa untuk santri berprestasi dan santri tahfidz Al-Qur'an. Kegiatan santri antara lain: Shalat berjamaah 5 waktu, mengaji Al-Qur'an, menghafal Al-Qur'an (tahfidz), percakapan bahasa arab dan inggris, latihan organisasi, latihan pidato, olah raga, dan kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka, silat, jurnalistik, drum band, dll. Kampus Darunnajah Cipining berada di atas lahan seluas 170 hektare, di Cigudeg Bogor Jawa Barat. Dengan pemandangan alamnya yang sangat indah pesantren ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mini market, asrama, koperasi, guest house (penginapan), lapangan olahraga, sekolah, perkantoran, laboratorium, komputer, internet, dll.