Menu

Santri Darunnajah 4 Jalankan Puasa Sunah Senin Kamis

Santri Darunnajah 4 Jalankan Puasa Sunah Senin Kamis

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Santri Darunnajah 4

Jalankan Puasa Sunah Senin Kamis

Puasa ? Apakah puasa itu ?

Puasa merupakan bagian dari rukun islam yang ke empat, dan puasa adalah kegiatan menahan diri dari hawa nafsu, menahan diri dari makan dan minum.
Hukum-hukum puasa diantaranya, puasa sunah dan puasa wajib.

Puasa sunah adalah puasa yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak di kerjakan tidak apa-apa dalam artian tidak dosa juga. Banyak macam-macam puasa sunah diantaranya puasa sunah senin kamis. Puasa ini biasa dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Tsurayya Darunnajah 4 di setiap hari Senin dan Kamis, Santri Pondok Pesantren Tusrayya Darunnajah 4 dibiasakan untuk selalu puasa sunah senin kamis karena dengan seperti ini mereka dilatih, dan kami selalu mengingatkan kepada mereka bahwasannya, dengan kalian menjalankan puasa senin kamis, insya Allah kalian di permudahkan dalam belajarnya, dan di lancarkan dan di mudahkan dalam menghafal segala sesuatu terutama menghafal Al-Qur’an, Karena santri Pondok Pesantren Tsurayya Darunnajah 4 termasuk pesantren yang wajib dan mampu belajar menghafal Al-Qur’an.

Sedangkan puasa wajib adalah puasa yang hukumnya wajib dijalankan oleh umat islam yang sudah mulai baligh, dan berakal. Puasa wajib ini dalam agama islam biasa dilaksanakan pada bulan suci ramadhan, Nah puasa wajib inilah yang termasuk pada rukun islam yang keempat.

Hikmah dan faedah puasa yang dapat kita ketahui ialah sebagai berikut :

  1. Mendidik jiwa agar biasa dan dapat menguasai diri sehingga mudah dan menjalankan kebaikan-kebaikan yang kita kehendaki.
  2. Mendidik nafsu agar tidak senantiasa di manjakan, bahkan dapat pula nafsu kita itu kita atasi sebagaimana mestinya, dan sebagaimana yang di perintahkan Allah SWT..
  3. Mendidik jiwa untuk dapat memegang amanat dengan sebaik-baiknya, karena orang yang berpuasa itu, sebagai orang yang mendapat amanat untuk tidak makan dan minum atu hal-hal yang membatalkan amanat ini harus di pegang teguh, baikpun dihadapan orang banyak, atau ketika sendirian.
  4. Dan mulut orang yang berpuasa itu sangat wangi bagi Allah melebihi bunga kasturi yang ada di surga.(Syafiq.DN4)
That Facebook ID is unauthorized for use, please go to Settings and add it.

Daftar menjadi Santri Tsurayya Darunnajah 4 DAFTAR

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pengumuman Ujian Lanjutan
Pengumuman Ujian Lanjutan PSB Darunnajah 2 Cipining Bogor

Pengumuman Ujian Lanjutan Bulan Maret 2020

BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM HASIL TES SELEKSI MASUK TMI PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021   Peserta Lulus Ujian Dasar Yang Berhak Mengikuti Ujian Beasiswa Tahfizh dan Ujian