Menu

Keutamaan Puasa Sunnah Senin Kamis bagi Santri

puasa sunnah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Darunnajah.com, Santri Pesantren Darunnajah 2 Cipining terbiasa melakukan berbagai jenis puasa sunnah, seperti puasa Ayyamul Bidh puasa 3 hari yang dilakukan setiap tanggal 13, 14 dan 15 bulan Hijriayah, puasa khusus yang memiliki pahala istimewa (Tasu’a, Asyura, Arofah dan lain sejenisnya) serta puasa sunnah yang dijumpai setiap minggu dua kali yakni puasa sunnah Senin Kamis.

Dalam tulisan ini sedikit akan mengulas keutamaan puasa sunnah Senin Kamis bagi Santri Darunnajah Cipining dan bagi siapa saja yang mendawamkan ibadah puasa sunnah yang sering dilakukan oleh Rasulullah saw tersebut. Sebagaimana dikisahkan dari istri tercinta beliau Aisyah r.a:

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس

Dari ‘Aisyah radhiallahu ‘anha: bahwa Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam sering melakukan puasa Senin dan Kamis”. (HR Ibnu Majah, At Tirmidzi dan an Nasai)

Kenapa Rasulullah saw suka menjalankan puasa Senin Kamis? ternyata karena Allah swt mengangkat amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis, berdasarkan sabda Rasulullah saw:

 تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الِاثْنَيْنِ وَالخَمِيسِ، فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ

“Amalan-amalan manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.” (HR. At Tirmidzi)

Dan yang lebih dahsyat lagi Allah swt siapkan pintu khusus yang bernama Ar-Rayyan untuk masuk surga bagi hambanya yang suka berpuasa. Sudah pasti hal tersebut menjadi tambahan motivasi setiap insan yang rindu kasih sayang Illahi Rabbii.

إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : Manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi. (HR Bukhori dan Muslim).

Dari beberapa hadist diatas dapat kita ambil pelajaran apa saja yang akan didapatkan bagi santri Darunnajah 2 Cipining yang mempunyai jadwal rutin puasa sunnah (dimana arti sunnah menurut penulis adalah dikerjakan mendapat pahala ditinggalkan mendapatkan kerugian) diantaranya:

  1. Mencontoh tauladan mulia dari Rasulullah saw

Seperti disebutkan dalam hadist diatas, puasa Senin Kamis merupakan puasa yang sering dilakukan oleh Nabi kita tercinta Muhammad saw, dengan kita melakukannya berarti kita mencontohnya dan semoga kita termasuk ummat yang akan mendapatkan syafaatnya kelak, aamiin.

2. Amal kita diangkat saat berpuasa

“Kita bisa ibaratkan ketika ada orang tercinta menemui kita dan kita dalam keadaan sudah mandi dan wangi, tentunya orang yang kita kasihi tersebut akan bahagia”, hari Senin dan Kamis adalah waktu amalan manusia di angkat Allah swt, sangat beruntung bagi mereka ketika diangkat dalam keadaan berpuasa penuh dengan kebaikan.

3. Dijanjikannya pintu khusus untuk masuk surga

Sesungguhnya janji Allah benar adanya. Beruntunglah mereka yang hobbi puasa sunnah dengan mengharap ridha Allah swt. Karena mereka dirindukan pintu surga yang bernama Ar Rayyan.

4. Membiasakan diri untuk istiqomah beribadah

Karena puasa Senin Kamis dilakukan setiap minggu maka akan timbul keistiqomahan dalam menjalankannya yang akhirnya akan tercipta kebiasaan untuk melakukan ibadah puasa. Diamana ketika dalam keadaan puasa semua bentuk ibadah akan bernilai ganda sehingga muncul keinginan dalam diri untuk memanfaatkan momentum tersebut dengan memperbanyak ibadah.

5. Terwujudnya jiwa, raga yang sehat dan bersih

Ketika seseorang sudah terbiasa melakukan puasa dengan baik, maka sudah otomatis akan memiliki raga yang sehat dan jiwa yang bersih. Karena dalan seseorang ketika berpuasa akan mengalami peremajaan sel kulit sehingga menjadi kencang muda, kadar lemak akan turun hingga racun-racun berbahaya dalam tubuh keluar yang akhirnya terciptalah raga yang sehat. Begitu pula dengan raga, orang yang sedang berpuasa sudah tentu berupaya meningkatkan berbagai amal ibadah, dengan memperbanyak shalat, sedekah, membaca Al Qur’an dan lainnya yang pastinya akan menjadikan jiwa yang bersih.

Masih banyak lagi keutamaan yang akan didapatkan oleh mereka yang memiliki kebiasaan menahan diri dari makan, minum dan hawa nafsu. Setidaknya 5 hal diatas cukup untuk menjadi batu loncatan bagi kita untuk membiasakan diri berpuasa. Dan bersyukurlah mereka yang menjadi santri di Pesantren Darunnajah 2 Cipining, puasa Senin Kamis serta puasa sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah telah menjadi program bagian ibadah pondok yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga Darunnajah 2 Cipining.

Kabar bahagianya mulai Ahad, 1 Oktober 2017, telah dibuka Pendaftaran Murid Baru Tahun Ajaran 2018-2019 Pesantren Darunnajah 2 Cipining. Pendaftaran bisa via Online dengan mengunjungi alamat berikut: santri.darunnajah.com atau langsung menuju lokasi Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor Jawa Barat.

Info lebih lanjut silakan hubungi nomor berikut:

0858 8513 8589          Ustadz Nur Fathoni

0856 9284 4588          Ust Khuseini

(red/A.A)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Informasi Perubahan Kalender Pendidikan Tahun 2019-2020 Kelas 3 TMI Darunnajah Jakarta

Perihal  : Informasi Perubahan Kalender Pendidikan  Tahun 2019/2020                                  31 Maret 2020                                                                 Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua Santri Kelas III