Sampai Mana Tingkat Keikhlasan Kita ?
Menu

Sampai Mana Tingkat Keikhlasan Kita ?

Sampai Mana Tingkat Keikhlasan Kita ?

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Sampai Mana Tingkat Keikhlasan Kita ?
Sampai Mana Tingkat Keikhlasan Kita ?

ikhlas merupakan satu kata yang sering dilontarkan ketika seseorang berbuat kebaikan. ikhlas dijadikan suatu tolak ukur diterima atau tidaknya suatu amal kebaikan di sisi Allah. ada beberapa macam tingkatan ikhlas yang mesti kita ketahui, yaitu :

  1. Menyembunyikan amal dari perhatian orang lain. Dalam beribadah tidak ada tujuan lain kecuali melaksanakan perintah Allah dan menetapi hak ubudiyyah. Juga bukan ditujukan untuk meraih simpati orang lain agar mendapat kasih saying, pujian, harta atau sesuatu lainnya dari mereka. Inilah tingkatan ikhlas tertinggi
  2. Beramal semata-mata karena Allah dengan tujuan agar Allah memberikan balasan di akhirat nanti, seperti agar dijauhkan dari siksa neraka, dimasukan ke surga dan diberi berbagai kenikmatan lainnya. Inilah tingkata ikhlas nomor dua.
  3. Beramal karena Allah semata dengan berharap agar Allah memberikan balasan di dunia, seperti agar diluaskan rizkinya dan agar dihindarkan dari hal-hal yang tidak disukainya. Inilah tingkatan ikhlas paling rendah.

 

Kira-kira, di tingkat berapakah keikhlasan yang kita miliki. Silahkan masing-masing kita bermuhasabah diri (introspeksi diri).

 

semoga bermanfaat (dn.com/as)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait