Search
Close this search box.

Peserta Daurah Bahasa Arab ke-5 di Madinah Ziarah Maalim Makkah

blank

Kamis, 16 Sya’ban 1444 H/9 Maret 2023, peserta Daurah Bahasa Arab ke-5 di Universitas Islam Madinah berkesempatan melakukan ziarah ke sejumlah ma’alim di Makkah al-Mukarramah. Mazarat atau tempat-tempat yang ziarahi adalah Jabal Tsur, padang Arafah, Muzdalifah, Mina, Jabal an-Nur, dan Pemakaman Ma’la.

Jabal Tsur merupakan sebuah gunung yang terletak di selatan Makkah al-Mukarramah, di gunung ini terdapat gua tempat Nabi Muhammad Shallalahu ‘alaihi wa sallam dan Sayyidina Abu Bakar ash-Shiddiq Radhiyallahu ‘anhu bersembunyi dalam perjalanan hijrah dari Makkah al-Mukarramah ke al-Madinah al-Munawwarah.

Padang Arafah merupakan tempat para jamaah haji melaksanakan wukuf pada tanggal 9 Dzulhijjah di setiap tahunnya. Muzdalifah merupakan tempat para jamaah haji mabit semalam dan mengambil kerikil untuk persiapan melempar jumrah Aqabah. Mina adalah tempat jamaah haji bermabit pada hari Idul Adha hingga hari tasyrik.

Jabal an-Nur merupakan sebuah gunung yang terletak di utara kota Makkah al-Mukarramah. Di gunung ini terdapat gua tempat Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa salam menerima wahyu pertama dari Allah Subhaanahu wa Ta’ala melalui perantara malaikat Jibril ‘alaihi salam.

Di kaki gunung ini peserta daurah berkesempatan mengunjungi Hira Cultural District atau Distrik Budaya Hira. Di tempat tersebut peserta mengunjungi Ma’radh al-Wahyu atau Revelation Exhibition.

blank
Peserta Daurah Bahasa Arab ke-5 di Madinah Ziarah Maalim Makkah
blank
Peserta Daurah Bahasa Arab di Ma’radh al-Wahyu

Ma’radh al-Wahyu dibuka setiap hari Sabtu sampai Kamis pada Pukul 08.30 sampai 21.30, dan di hari Jum’at pada Pukul 16.00 sampai 22.00. Di Pameran tersebut pengunjung dapat melakukan perjalanan audio visual yang menceritakan sejarah Islam, sejarah para Nabi dan Rasul, khususnya pada masa Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Pameran yang terletak tidak jauh dari Gua Hira ini menceritakan kisah turunnya wahyu kepada Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, begitu juga perjuangan Sayyidah Khadijah Radhiyallahu ‘Anha. Di tempat ini juga terdapat miniatur Gua Hira.

Di pameran tersebut juga terdapat stand yang menjual souvenir bagi para pengunjung. Ziarah Ma’alim dan City Tour ditutup dengan melewati Pemakaman Ma’la sebelum peserta daurah kembali ke hotel.

Semoga ziarah ini dapat memberikan keberkahan dan manfaat bagi para peserta daurah, Aamiin. (Darunnajah International Relations Office)

 

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah