Hari Ahad, 18 Agustus 2013 kegiatan di Pesantren kembali bergeliat setelah 20 hari lamanya – terhitung sejak 28 Juli sampai 18 Agustus 2013 – santri-santri Pesantren Darunnajah Cipining menjalani liburan Ramadhan dan Idul Fitri di rumah. Dipastikan, hari Ahad ini adalah puncak arus balik para santri, kembali ke Pesantren. Karena menurut surat edaran yang dikeluarkan oleh Pesantren, seluruh santri khususnya anggota (non santri pengurus) paling lambat sudah datang ke Pesantren pada hari Ahad 18 Agustus 2013 tepatnya sebelum maghrib.

Adapun Santri senior yakni santri Pengurus diwajibkan datang ke Pesantren lebih awal, yakni hari Sabtu tanggal 17 Agustus 2013 (satu hari sebelum kedatangan santri anggota). Hal ini dilakukan sebagai persiapan bagi santri pengurus untuk mempersiapkan diri mereka dalam menyambut anggotanya. Tentu saja, santri yang terdiri dari kelas XI dan XII Madrasah Aliyah dan SMK Darunnajah ini harus memiliki semangat ekstra dan kesehatan yang cukup.

Stand informasi dan registrasi santri yang sudah datang telah disiapkan, ada juga yang membantu membawakan barang-barang anggotanya, serta ada juga yang bertugas untuk mengatur parkir dan lalu lintas (keluar-masuknya) kendaraan yang masuk ke pintu gerbang pesantren. Kegiatan tersebut berlangsung sampai menjelang Maghrib, karena menurut sunnah pesantren yang sudah berlaku, santri yang mudik ke pesantren paling lambat adalah sebelum Maghrib, adapun jika terlambat maka tentu saja ada sanksi yang diberlakukan (kecuali ada udzur).

Setiap santri yang datang bersama walinya dapat bersilaturahim ke Pimpinan Pesantren, hal ini tentu saja menjadi moment buat wali santri untuk mempererat tali silaturahmi bersama pesantren dan juga untuk meningkatkan semangat belajar si santri. Dalam pertemuan tersebut tidak sedikit orangtua yang minta nasehat dan doa dari pak Kyai agar anaknya bisa dimudahkan didalam menuntut ilmu di Pesantren ini, dan yang paling utama adalah agar dikuatkan kesabarannya. Karena faktor kesabaran yang kurang inilah penyebab utama santri merasa lebih nyaman di rumah daripada di pesantren.

Setelah liburan ini, seluruh santri akan kembali aktif menjalani Proses KBM (Kegiatan Belajar Mengajar), yakni mulai tanggal 19 Agustus 2013 kegiatan Kurikulum dan Ekstra Kurikulum kembali berjalan sebagaimana biasanya. Dan semoga pasca liburan Idul Fitri 1434 H ini santri-santri mendapat semangat baru untuk meningkatkan belajarnya. Sehingga mudiknya ala santri ini (mudik dari rumah menuju pesantren) terasa sangat membahagiakan dan menggembirakan. Karena Peantren adalah rumah utama mereka saat ini. [WARDAN/Adara]