السلام عليكم ورحمة الله و بركاته

الله اكبر 9 الله اكبر كبيرا والحمد لله كثيرا و سبحان الله بكرة وأصيلا. الحمد لله ذي الجلال و الإكرام الذي هدانا للإيمان والإسلام  وأكرمنا بشريعة تسك الحج إلى بيته الحرام. أشهد ان لا اله الاّ الله وحده لا شريك له إقراراً بربوبيّته وجلاله

وأشهد ان محمدا عبده ورسوله المصطفى من سائر خلقه من إنسه و جنّه. نصلّي و نسلم على سيّدنا وحبيبنا محمد وعلى اله واصحابه ومن تبعه من جميع أمّته.

أمّا بعد, فيا عباد الله اوصيني و إياكم بتقوى الله فقد فاز المتقون. و اتّقوا الله حقّ تقاته ولا تموتن الاّ وأنتم مسلمون.

Jamaah Idul Adha yang dimuliakan Allah.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT, bahwa atas rahmat hidayah dan inayah-Nya pada pagi hari ini kita berkumpul di lapangan ini untuk mengumandangkan takbir, tahmid, tahlil dan tasbih dilanjutkan menunaikan sholat idul Adha. Selanjutnya sholawat dan salam marilah kita doakan semoga selalu dilimpah curahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW.

Allahu Akbar 3x Walillahul Hamdu.

Sejak matahari terbenam di ufuk barat kemarin, hingga pagi hari ini dan hari-hari tasyrik nanti kaum Muslimin di seluruh dunia menggemakan takbir, tahmid, tahlil dan tasbih menunaikan sholat idul Adha selanjutnya menyembelih hewan qurban.

Kita kumandangkan kalimat takbir, tahlil, tahmid dan tasbih sebagal ikrar dan peneguhan hati nurani yang paling dalam, bahwa hanya Allahlah yang Maha Besar tidak ada Tuhan selain Dia, yang Maha Terpuji lagi Maha suci.

Pada hari raya ini, yang merupakan hari besar bagi umat Islam, sejak pagi-pagi benar kaum Muslimin dan Muslimat dengan tubuh yang suci bersih, mereka berbondong-bondong menuju musholla, masjid dan lapangan terbuka, berbaris dalam susunan shof yang teratur rapi, menyatukan ruku’ dan sujud hingga hidung dan dahi menyentuh bumi, mengakui betapa rendah dan kecilnya manusia dihadapan Allah yang Maha Agung dan Maha Tinggi.

Menginsyafi betapa hina penuh dosa manusia dihadapan Allah yang Maha Suci dan Maha Terpuji. Dan menyadari betapa lemah tak berdayanya manusia dihadapan Allah yang Maha Kuasa lagi Maha Perkasa.

Kaum Muslimin dan Muslimat yang berbahagia.

Marilah kita gunakan kesempatan ini untuk lebih meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT sambil merenungkan arti penting dan hikmah Idul Adha, sebagaimana yang dilakukan saudara-saudara kita yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah al-Mukarromah.