Ternyata banyak keutamaan dari membaca Al-quran yang dapat membuat kita bahagiaan lho! Mau tahu apa  aja keutamaan tersebut, silahkan baca artikel berikut!

bahagia dengan membaca alquranh

Muslim tanpa tadarus, tak malukah?

Al-quran adalah pedoman, konsep, dan aturan hidup manusia dalam berhubungan dengan Allah (hablum minallah) dan berhubungan dengan manusia (hablum minnas).

Betapa penting kedudukan AI-quran di dalam agama islam, sehinga kita jangan sampai meninggalkan begitu saja. Terus belajarlah membaca ai-quran selama hayat masih di kandung badan. Bacalah, meskipun untuk sementara tak paham maksudnya .

Kita yang membaca ai-quran juga memperoleh banyak informasi dan pengetahuan penting, selai juga bermacam keutaman lain sebagai berkah. Sebagaimana yang sudah yang sudah diterangkan bahwa membaca ai-quran menambah pahala. Jauh lebih dari itu, berderet keutaman lain telah menanti, diantaranya:

  • bahagia dengan membaca alquran

    Setiap orang islam yang baca al-quran di umpamakan buah yang berbau harum dan sedap rasanya. Rasulallah Saw. Bersabda “umpama orang mukmin yang membaca al-quran seperti buah utrujjah (seperti limau besar) baunya wangi dan rasanya sedap. Umpama orang mukmin yang tidak membaca al-quran, seperti buah tamar, tidak ada bau dan rasanya manis. Dan umpama orang munafik yang membaca al-quran, seperti buah labu yang tiada bau dan rasanya pahit.”(HR.Bukhari dan Muslim)

  • Mendapat syafaat pada hari kiamat kata lain dari syafaat adalah pertolongan. Orang yang tak bosan-bosan membaca al-quran akan mendapat pertolongan pada hari kiamat nanti. Hal ini sebagaimana sabda Rasulallah Saw “ Bacalah al-quran sebab sesungguhnya dia akan datang pada hari kiamat nanti memberi syafaat bagi orang yang membacanya.”(HR.Muslim)
  • bahagia dengan membaca alquran

    bahagia dengan membaca alquran

    Di sdiakan tempat paling istimewa. Orang pandai membaca al-quran akan di berikan tempat istimewa oleh Allah Swt. Di surga kelak bersama para malaikat. Swedang kan orang yang masih terbata-bata dalam membacanya, maka dua pahala telah tersedia untuknya, yaitu pahala untuk kesungguhan membaca serta pahala sebagai balasan atas kemauannya dalam belajar. Semua ini berdasarkan sabda Nabi Muhammad Saw. “ orang yang pandai membaca al-quran akan ditempatkan bersama kelompok para malaikat yang mulia dan terpuji. Adapun orang yang terbata-bata dan sulit membacanya akan mendapat dua pahala.” (HR.Bukhari dan Muslim)

  • Ketenangan. Orang yang membaca atau mendengarkan al-quran dibacakan akan mendapatkan ketenangan jiwa. Nabi Saw. Bersabda, “tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah allah (masjid) untuk membaca kitabullah (al-quran) dan mempelajarinya, melainkan ketenangan jiwa bagi mereka, mereka diliputi oleh rahmat dikelilingi Allah oleh para malaikat, dan Allah menyebut nama-nama mereka dihadapan para malaikat yang ada disisinya.” (HR. Muslim)
  • Sebagaimana telah diterangkan bahwa Allah memberikan pahala kepada orang yang membaca al-quranmeskipun tanpa memahami. Setiap huruf yang dilafazkan menuai satu kebaikan dikalikan sepuluh. Rasulullah Saw. Bersabda, “barang siapa yang membaca satu huruf kibullah maka ia mendapat satu kebaikan, dan satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif laam miim itu satu huruf, tapi alif itu satu huruf.” (HR. At- Tirmidzi)

(adm_DN11)