Menu

Tips Membaca Dan Memahami Isi Buku Dengan Cepat, Yuk Terapkan!!!!

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Kebayakan dari pelajar ataupun mahasiswa belum bisa memahami buku yang telah dibaca oleh dirinya sendiri dan itu pun membaca nya memerluka waktu yang sangat lama. Nah saat ini saya akan membahas bagaimana sii… cara yang paling mudah untuk membaca cepat dan dapat memahaminya pula. Berikut ini cara mudah dan cepat dalam membaca dan memahami buku :

Pasang Target

Disini kita harus menantang diri kita untuk menyelesaikan beberapa halama dari buku dalam kurun waktu yang telah di tentukan. Pasangan target yang jelas tersebut yang akan membuat kalian mempunyai tanggung jawab sendiri atas tujuan apa yag kalian raih.

Preview Buku

Kita harus meninjau buku seperti halnya kita meninjau trailer sebuah drama ataupun film. Meninjau akan memberikan gambaran awal tentang isi buku dan memudahkan kalian untuk memahami isi buku tersebut. Disaat ini lah kalilan harus teliti dengan judul, subjudul dan hal-hal yag penting lainnya. Dan kalian perlu membaca paragraph pengantar dan penutup untuk mendapatkan gambaran lebih luas lagi.

Jangan Membaca Setiap Kata

Rata-rata mata orang dewasa hanya dapat memindai tiga hinggal lima kata dalam satu baris kalimat. Cobalah selesaikan satu baris kalimat pendek dalam satu kali penglihatan atau pemindaian. Ini pelu kalian lakukan agar kalian tidak membaca satu persatu kata.

Jangan Membaca Setiap Bagian Teks

Membaca setiap bagian teks hanya bacalah yang sangat pentingnya saja dan membaca secara selektif akan memudahkan kalian untuk mencerna poin-poin utama dari banyak teks.

Jangan Mengulang Bacaan

Membaca cepat sangat lah membutuhkan konsentrasi yang sangat tinggi.Jika kalian stay focus pada teks maka kebiasaan membaca mengulang akan terhindar. Jadilah pembaca aktif yang selalu focus pada teks dan berusaha untuk memahaminya.

Pasang Timer

Dengan menggunakan timer waktu kita akan terlatih membaca cepat dan ini memrlukan latihan yang sangat giat dan rutin jika ingiin hasilnya memuaskan.

Pasang Marker

Pasang marker sebelum berhenti membaca teks ataupun buku. Ini untuk memasyikan bahwa kalian melanjutkan bacaan yang tepat ketika kamu mulai membaca kembali, sehingga alur cerita dari buku dapat tersampaikandengan baik.

Tambah Pembendaharaan Kosa Kata

Sering kali ketika kalian membaca, kalian ketemu dengan kata-kata atau istilah yang tidak bisa di mengerti karena kata-kata atau istilah tersebut jarang diucapkan sehari-hari. Nah oleh karena itu, hal yang mungkin kalian lakukan pada saat membaca kita lewati terlebih dahulu kata tersebut. Baru kalian mencari arti tersbut dan menggunakan istilah maupun kata –kata  dalam kehidupan sehari-hari, agar memudahkan kalian saat membaca cepat.

Tulisan Ringkas

Tugas kalian tidak akan berhenti  ketika kalian membaca kata terakhir dari buku. Selesai membaca keseluruhan kalian harus menuliskan poin-poin yang penting yang kalian ingat.langkah ini merupakan untuk mempertahankan  pemahan kalian tentang isi buku tersebut.

Mungkin itu semua adalah tips-tips untuk kalian yang bingung bagaimana cara memahami dan membaca dengan cepat. Namun yang paling penting dari itu semua yaitu keistiqomahan kalian dalam membaca dan pembiasaan kalian dalam membaca. Jadi, mulailah biasakan diri membaca bayak buku dari sekarang ya…..

(hwatihera99/WARDAN)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Surat pemberitahuan perubahan kegiatan dan SPP

Surat Pemberitahuan Perubahan Kegiatan dan SPP 258. Surat pemberitahuan perubahan kegiatan dan spp Yang terhormat, Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Santri Pondok Pesantren Annur Darunnajah 8 di