Matematika

Matematika

 

Siapa Yang Tak Kenal Matematika?

Dari kecil kita sudah sering mendengar pelajaran Matematika.yaitu,pelajaran yang dikenal akan rumitnya suatu perkalian,pertambahan,pembagian,rumus-rumus dan lain-lain.Pada awalnya ilmu tersebut ditemukan oleh beberapa ilmuwan ternama pada zamannya seperti Thales,Pythagoras,Socrates,Archimedes dan masih banyak ilmuwan-ilmuwan lainnya yang menemukan teori yang sampai saat ini masih dikenal Karyanya.

Ilmu Matematika itu sendiri telah diajarkan sejak kita di Sekolah Dasar (SD/MI) dimulai dari materi paling dasar yaitu tentang perkalian,pengurangan,pembagian hingga perkalian.Berlanjut di Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs) pada jenjang ini anak didik akan diajarkan tentang Aljabar,Statistika,Peluang,Bilangan deret,Bangun Ruang sisi dan lain-lain.Lalu Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) disini para guru memberikan materi tentang Integral,Program Linier,Matriks,Vektor,logaritma dan lain-lain.Pelajaran ini tidak hanya berhenti dimasa sekolah,tapi kita akan menemukannya kembali dibangku kuliah menyesuaikan jurusan yang kita pilih.

Matematika Pelajaran yang Menakutkan?

sulit matematika

sulit matematika

Banyak sekali siswa yang mengeluhkan akan pelajaran yang sulit untuk dimengerti dan dihafal,salah satunya yaitu pelajaran Matematika.mereka beranggapan bahwa pelajaran tersebut adalah pelajaran tersulit,terbanyak dengan rumus-rumus yang cukup sulit untuk dihafalkan dan salah satu pelajaran yang ditakuti mereka saat menghadapi ujian,karna matematika adalah salah satu pelajaran yang wajib diujikan saat Ujian Nasional (UN).Berikut kami akan memberikan tips mudah menghafal rumus-rumus Matematika.

  1. Niat
luruskan niat berbisnis

luruskan niat berbisnis

Yang terpenting dari sebuah usaha atau kegiatan adalah niat.sesuai dengan hadist Rasulullah yang didalamnya berisi bahwa semua amal itu bergantung pada niat seseorang itu masing-masing.maka sebelum kita memulai menghafal dan belajar rumus tersebut alangkah lebih baik kalau kita mengawalinya dengan memperbaiki dan meluruskan niat semata-mata hanya untuk Allah SWT.

 

  1. Belajarlah Untuk Menyukai Matematika
Matematika menyenangkan

Matematika menyenangkan

Kenapa kita harus menyukainya terlebih dahulu? karna dengan kita memiliki fikiran Positive terhadap pelajaran tersebut,maka kita akan merasa pelajaran itu mudah dan mengasyikkan lalu diri kita akan lebih mudah untuk menerima pelajaran sesulit apapun .

 

 

  1. Menghafal Rumus dengan Menggunakan Warna
Belajar menggunakan warna

Belajar menggunakan warna

Setiap rumus dapat kita warnai dengan menggunakan warna yang berbeda-beda disetiap rumusnya.Contoh rumus kubus kita beri warna hijau dan rumus balok kita beri warna kuning.Lebih Baik lagi kalau kita menggunakan warna-warna yang cerah diharapkan dengan warna yang cerah tersebut dapat memanjakan mata kita agar lebih rileks dalam melihat rumus-rumus yang cukup membingungkan.

 

  1. Menghapal Rumus dengan Menggunakan Kata ganti atau Kalimat
Rumus

Rumus

Rumus dapat kita ganti dengan kata ganti atau kalimat yang mudah untuk diingat atau yang sering dipakai.

Contoh rumus mencari luas balok adalah L=2(p.l+p.t+l.t) akan lebih mudah untuk diingat jika rumus tersebut diganti dengan kalimat dua dikali palu ditambah pete ditambah lontong

Dengan begitu anak didik akan lebih mudah untuk menghapal rumus menggunakan kalimat kesehariannya.

 

  1. Jangan Terpaku oleh Kalkulator
Kalkulator

Kalkulator

Pada zaman sekarang kita lebih memilih menikmati teknologi yang semakin canggih.bila anda ingin cepat pintar matematika dan mudah hafal rumus matematika cobalah untuk tidak tergiur dengan kecanggihan alat bernama kalkulator yang telah tersedia dihampir seluruh gadget yang kita punya seperti laptop dan handphone.bahkan saat ini kalkulkator telah tersedia dibeberapa jam tangan canggih.

 

  1. Cobalah Untuk Bermain Permainan yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Matematika kita
Game ular tangga

Game ular tangga

Jangan menganggap remeh suatu game atau permainan,karna sekarang ini banyak para pencipta game yang membuat permainan itu lebih edukatif yang tanpa disadari oleh kita ternyata permainan tersebut melatih tingkat kemampuan otak kita.Berikut adalah beberapa permainan yang dapat meningkatkan kemampuan matematika kita:Ular Tangga,Monopoli,Mobi (Number Tile Game),Lego,Jual Beli dengan Selebaran Market dan lain-lain.

 

  1. Cobalah Untuk Menerapkannya Dalam Kehidupan Sehari-hari
Arsitek mengukur bangunan dengan matematika

Arsitek mengukur bangunan dengan matematika

LUPA! Banyak diantara kita yang sering melupakan suatu hal-hal yang jarang kita temui.tapi apabila hal-hal tersebut sering kita kerjakan maka kita tidak akan mudah melupakan hal itu begitu saja.sama juga dengan rumus-rumus mencari luas bangunan,peluang maupun statistika.apabila kamu ingin rumus tersebut selalu teringat dipikiranmu maka cobalah untuk mengaplikasikan rumus-rumus tersebut di kehidupanmu.Seperti kamu membantu para pekerja bangunan untuk mengukur suatu barang,atau membantu orang tuamu dalam menjaga Warung yakni dengan menimbang berapa kilogram suatu gula,beras dan lain-lain.Dengan cara tersebut dijamin kalian akan terbiasa untuk menghitung dan selalu menghitung.

  1. Buatlah Rumus Sendiri
Membuat rumus sendiri

Membuat rumus sendiri

Apabila kalian merasa rumus tersebut terlalu bertele-tele kamu bisa meringkas ataupun membuat rumus versimu sendiri dengan jaminan bahwa rumus kamu tidak menyesatkan ya… dan dengan syarat kalian harus benar-benar memahami rumus tersebut.Jangan sampai nilai kalian merah hanya karena ramuan rumus kalian yang kurang tepat.

 

  1. Buatlah Buku Rumus dan Buku Latihan Karya Kalian

Maksudnya.. kalian harus memiliki buku rumus dan buku latihan hasil tangan kalian sendiri.karna banyak orang yang lebih nyaman dan lebih faham dengan tulisan mereka sendiri dibandingkan dengan melihat atau belajar dari buku-buku rumus yang tersebar diberbagai macam toko.jadi jangan hanya mengandalkan buku-buku di toko buku saja ya.. cobalah untuk membuatnya sendiri agar kalian lebih nyaman dan lebih mudah faham.

 

  1. Ketahui Manfaat dari Setiap Teori Matematika
Manfaat matematika

Manfaat matematika

Kita kadang melakukan hal-hal yang sepele tanpa kita ketahui apa itu manfaatnya.Mulai sekarang mulailah untuk melakukan suatu hal dengan mengetahui apa manfaat dan tujuan suatu perbuatan agar kita dapat mengaplikasikan ilmu yang kita dapat dengan lebih maksimal. Manfaat Ilmu Matematika dalam kehidupan kita contohnya,Kita memiliki pola pikir yang sistematis,logika berpikir lebih berkembang,terlatih berhitung,mampu menarik kesimpulan secara deduktif,menjadi teliti,cermat dan sabar,Dapat dengan mudah memecahkan suatu masalah.

 

Itulah tips-tips menghafal rumus matemematika dengan mudah sampai luar kepala yang telah diterapkan oleh santri-santri Darunnajah 2 Cipining dalam menghadapi berbagai macam ujian.Dengan tips tersebutlah santri Darunnajah 2 cipining dapat memiliki nilai dan pemahaman matematika yang tinggi sehingga dapat menjuarai berbagai macam olimpiade baik dari bidang akademik maupun non akademik.(Aida Fathira)

ayo daftar disini