Menu

Pakai 5 Cara Ini Dapat Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat

Menghafal Al-Qur'an di Tsurayya Darunnajah 4

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Tentu banyak sekali orang yang ingin menghafal Al-Qur’an, karena al-qur’an adalah kitab umat muslim walmuslimat, kitab yang sebagai pedoman bagi kita umat manusia. Agar dapat dengan mudah dan cepat dalam menghafalnya berikut kami jelaskan bagaimana cara-caranya.

1. Niat

Niatkan terlebih dahulu bahwa kamu sangat ingin menghafal Al-Qur’an, karena niat ini sangat berpengaruh untuk cepat tidaknya dalam menghafal. Apabila memang niat ingin benar-benar menghafal, pasti gerakan kita dalam menghafal sangat cepat, dan gigih. Tetapi apabila tidak ada niat kesungguhan dalam proses menghafalnya akan sulit dan selalu bermalas-malasan.

2. Target

Targetkan terlebih dahulu waktu,jumlah yang akan dihafal saat akan menghafal. Seperti contoh, kamu menghafal setelah solat dzuhur. Nah, harus hafal 5 ayat sampai waktu menjelang Ashar. Itu yang disebut targetkan waktu dan hafalan yang akan di hafal.

3. Baca

Biasakan dalam menghafal Al-Qur’an itu dibaca terlebih dahulu ayat yang akan di hafalkan, dibaca berulang-ulang sampai lancar. Setelah dibaca berulang kali, tutup Al-qur’an nya dan baca kembali hafalan yang tadi kamu hafalkan.

4. Dalam Keadaan Suci

Jangan sampai lupa ketika sedang menghafal, usahakan badan kita dalam keadaan suci atau bersih dalam keadaan sudah berwudhu, supaya mudah dan cepat menghafalnya.

5. Baca Kembali

Apabila sudah menghafal, dan sudah hafal. Jangan sampai tidak dibaca lagi, karena itu akan menghilangkan hafalan yang sudah hafal. Maka dari itu walaupun sudah hafal harus sering-sering dibaca, supaya hafalannya tidak hilang.

Dengan mengamal kan cara-cara diatas insya Allah akan mudah dan cepat menghafal, dan terutama hafalannya tidak akan hilang.

Cara seperti ini kami terapkan pula kepada santri-santri Tsurayya Darunnajah 4, karena di pesantren kami memiliki program Tahfidz Qur’an yang mewajibkan santri untuk mempunyai hafalan dan menghafal sesuai target yang ditentukan, maka dari itu kami terapkan cara seperti yang di atas kepada santri-santri kami, agar mereka dapat dengan mudah, cepat dan selalu bersemangat dalam menghafal, dan tentu hafalannya tidak mudah hilang.  (DN4/SipaNP)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Al-Hasanah Darunnajah 9 Pamulang Banten

Amaliyah Tadris dan Darsu Naqd Santriwati Akhir Darunnajah 9

Pamulang- Alhamdulillah kegiatan Amaliyah Tadris Santriwati Akhir Insyaallah  selalu berjalan dengan lancar. Mereka yang telah dibagi menjadi empat kelompok ini, diberi jadwal kapan masing-masing mereka akan memulai