Mengenal Lebih Dalam Tentang Stress Dan Cara Mengatasinya
Menu

Mengenal Lebih Dalam Tentang Stress Dan Cara Mengatasinya

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email
Mengenal Lebih Dalam Tentang Stress Dan Cara Mengatasinya
Mengenal Lebih Dalam Tentang Stress Dan Cara Mengatasinya

Baik para pembaca yang berbahagia sebagai seorang manusia pastilah kita pernah merasakan yang namanya stress, sedangkan stres adalah suatu kondisi yang sangat umum. Anda merasa jantung Anda berdebar kencang, telapak tangan berkeringat, dan perut bergejolak saat Anda sedang stres, mungkin ketika Anda akan menghadapi wawancara kerja atau acara penting seperti pernikahan. Anda juga merasakannya saat Anda terbebani dengan pekerjaan, ketika Anda sedang mengalami krisis, atau ketika Anda menghadapi sumber rasa takut seperti anjing yang marah atau saat terbang dengan pesawat.

Tetapi berlawanan dengan kepercayaan umum, stres sebenarnya merupakan respons biologis. Tubuh kita telah dirancang untuk dapat mendeteksi dan bereaksi terhadap stres. Bahkan, stres bersifat baik. Stres hanya menjadi berbahaya bila bersifat kronis.

Sedangkan jika kita ketahui hal yang  menyebabkan Stres adalah respon kita untuk menghadapi atau lari dari suatu keadaan. Stres telah memengaruhi kita sejak jaman nenek moyang kita, yang selalu menghadapi bahaya saat mereka harus berpindah dari satu tempat ke tempat lain atau saat berburu binatang untuk mendapatkan makanan.

Hipotalamus di otak adalah salah satu bagian yang bertanggung jawab untuk mendeteksi penyebab stres (stressor) atau untuk memahami adanya ancaman. Setelah menentukan bahwa suatu hal adalah suatu stressor, hipotalamus akan mengirimkan sinyal ke kelenjar adrenal yang terletak di dekat ginjal untuk melepaskan dua jenis hormon: kortisol dan adrenalin.

Adrenalin meningkatkan denyut jantung dan pasokan energi Anda sementara kortisol meningkatkan konsentrasi glukosa dalam aliran darah Anda. Glukosa merupakan sumber bahan bakar tubuh untuk menghasilkan energi. Dengan demikian, Anda dapat langsung bereaksi terhadap stressor atau ancaman. Sebagai contoh, jika Anda akan diserang oleh anjing, hormon ini memungkinkan Anda berlari cepat. Setelah stressor tidak lagi ada, hormon ini seharusnya kembali ke tingkat normal.

Masalahnya adalah ketika Anda berada di bawah tekanan hampir sepanjang waktu, tubuh Anda akan terus-menerus memproduksi adrenalin dan kortisol.

Sedangkan apakah kita mengetahui dampak dampak yang terjadi pada tubuh jika kita mengalami stress maka ini adalah beberapa hal yang akan terjadi jika kita mengalami stress:

  • Kadar glukosa dalam aliran darah akan naik karena hati dipaksa untuk memproduksinya. Kondisi ini pada akhirnya dapat menyebabkan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.
  • Kadar hormon yang tinggi dapat membuat Anda lebih rentan terkena infeksi dan beberapa jenis penyakit lain karena hormon menekan hal-hal yang yang dianggapnya tidak penting untuk dipertahankan, seperti misalnya sistem kekebalan tubuh Anda.
  • Sistem pencernaan Anda tidak berfungsi normal.
  • Metabolisme menjadi lebih lambat
  • Membuat Anda merasa lelah atau lesu.
  • Membuat Anda sulit menurunkan berat badan.
  • Dapat mengubah cara kerja hormon, termasuk insulin dan hormon reproduksi.
  • kolestor dan trigliserdia naik, sehingga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Menurut American Institute of Stress (Institut Stres Amerika), stres telah:

  • menyebabkan sekitar 10% dari kasus stroke
  • bertanggung jawab sebagai penyebab pada 75% dari orang yang berobat ke dokter
  • menyebabkan lebih dari 55% penyakit yang dikenal manusia

bagaimana para pembaca mungkin setelah membaca beberapa hal diatas mungkin kita merasa cemas dan makin stress setelah membacanya tapi jangan khawatir karena saya akan memberikan cara untuk mengatasi stress:

Ada berbagai jenis perawatan untuk menghilangkan stres. Beberapa di antaranya akan langsung mengatasi dampak stres seperti kecemasan dan depresi. Obat seperti statin dikenal dapat mengurangi kadar kolesterol dan resiko penyakit jantung (kardiovaskular) atau darah tinggi (hipertensi).

Obat bernama Metformin seringkali diberikan padawanita yang menjadi tidak subur karena stres akibat ketidakseimbangan hormon. Obat ini menurunkan kadar glukosa dan resiko beberapa jenis kanker dan serangan jantung.

Namun, hal-hal berikut adalah hal-hal yang paling sering disarankan oleh para ahli kesehatan untuk mengatasi stres secara tepat, yaitu:

  •  

Latihan Pernapasan: sederhana, namun sangat efektif untuk mengendalikan tingkat stres karena membantu Anda tetap tenang dan membuat tubuh tenang. Pernapasan meredakan ketegangan otot dan mengurangi perasaan cemas.

  •  

Konseling: Berbicara tentang penyebab stres Anda dengan seorang ahli atau dengan teman atau keluarga juga dapat sangat membantu mengatasi masalah pikiran Anda. Terapi menulis juga merupakan cara yang sangat populer untuk menangani dan mengelola stres.

  •  

Tidur: Dengan tidur sebanyak mungkin, Anda dapat membantu tubuh Anda untuk rileks. Tidur juga membantu menekan nafsu makan dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Baiklah mungkin beberapa hal diatas dapat membantu para pembaca dalam menghadapi stress dan semangat untuk menghadapi hidup dan juga dalam menghadapi semua momen yang akan kita hadapi dalam hidup ini.

Sumber: https://www.docdoc.com

By:fuadboy9@gmail.com

 

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Jaminan Allah SWT. Nyata, Tidak Fana seperti Dunia

Islam adalah agama yang diridhai oleh Allah SWT dan Dia pula yang mengutus Nabi Muhammad SAW sebagai utusan-Nya, menjadi da’i dan rahmatan lil ‘alamiin. Iman,

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Seminar Table Manner, Ajarkan Pentingnya Etika di Meja Makan

Aturan table manner adalah seperangkat aturan dan prinsip yang mengatur bagaimana proses dan tata cara yang sesuai dalam jamuan resmi. Beberapa aturan table manner misalnya mengatur soal jenis jamuan,