Berprasangka Buruk? Inilah Akibat Dan Cara Mengatasinya
Menu

Berprasangka Buruk? Inilah Akibat Dan Cara Mengatasinya

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Manusia memang tidak selamnya benar. Dari segi apapun itu, manusia paling tidak jauh dari yang namanya kesalahan. Dari banyak nya kesalahan, berprasangka buruk adalah salah satunya.

Namun, apa yang terjadi jika berburuk sangka itu terus menerus terjadi, dan hingga menimbulkan rasa curiga yang berlebihan? Inilah akibat dan cara mengatasi buruk sangka.

Akibat Berprasangka Buruk

1. Melemahnya Iman Dan Kepercayaan.

Iman manusia, terutama umat muslim memang terkadang turun dan terkadang naik. Hal inilah yang sangat menjadi ujian bagi umat manusia. Namun tidak sedikit pula mereka umat manusia yang mampu untuk mengatasi prasangka buruk ini. Hal itu tergantung kuatnya iman.

2. Rasa Curiga Selalu Melekat Dihati.

Curiga kepada sesama manusia adalah prasangka yang paling sering terjadi oleh manusia. Hal ini juga yang menyebabkan putusnya tali silaturahmi antara sesama umat muslim. Allah SWT berfirman dalam Al-quran yang berbunyi.

وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا

Ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, kemudian Allah mempersatukan hatimu, lalu jadilah kalian orang-orang yang bersaudara, karena nikmat Allah. (QS. Ali imran: 103).

bejabat tangan

Cara Mengatasi Prasangka Buruk

1. Perbanyak Ibadah Dan Tawakal Kepada Allah.

Inilah salah satu cara untuk mengatasi prasangka buruk. Dengan beribadah dan tawakal kepada Allah, hati akan menjadi tenang dan melupakan segala hal – hal buruk, terutama berprasangka buruk ke sesama manusia.

ibadah

2. Persibuk Diri Dengan Hal – Hal Positif.

Persibuk diri juga bisa menghindari dari prasangka buruk. Persibuklah diri anda dengan hal – hal yang menguntungkan anda dan yang pasti tidak merugikan orang lain ya.

3. Jauhi Orang – Orang Yang Dapat Mempengaruhi Anda Menuju Hal – Hal Negatif.

Menjauhi orang – orang yang berdampak negatif bagi diri anda sendiri juga sangat membantu diri anda untuk menjauhi prasangka buruk. Bukan bererti anda harus menjauhi teman atau kerabat anda, akan tetapi renungkan apabila anda terus menerus bergaul dengan mereka.

berprasangka boleh saja, asalkan saja jangan sampai melarutkan kita dengan hal – hal negatif. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang memilki prasangka buruk.

(Dzulfaqor/SantriTv)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Kedatangan Santri Putra Kelas 5 Dan 6 TMI

Kedatangan Santri Putra Awal Semester Genap 2015Kedatangan Santri Putra Baru Dipondok Pesantren Darunnajah 2 CipiningKedatangan Santri Baru PutraSuasana Kedatangan Santri Baru (Putra) Di Pesantren Darunnajah