Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta akan kembali mengadakan kegiatan tahunan Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ) ke-5 antar pesantren se-ASEAN. Kegiatan MHQ ke-5 ini akan dilaksanakan pada 3-7 Oktober 2019 M/ 4-8 Shafar 1441 H.

MHQ antar pesantren se-ASEAN ini  akan diikuti oleh peserta dari seluruh negara ASEAN ditambah Srilanka dan Timor Leste. MHQ Ini bertujuan untuk melahirkan para penghafal al-qur’an, menyebarkan dakwah Islamiyyah melalui lomba Hifzul Qur’an, serta menjalin ikatan ukhuwah Islamiyyah antarpesantren di Indonesia dan antar negara-negara ASEAN.

Seleksi MHQ ke-5 diadakan di 14 wilayah di seluruh Indonesia diantaranya : Sumatra Utara, Riau, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, Banten, Jawa Barat 1, Jawa Barat 2, Jawa Tengah, Jawa Timur 1, Jawa Timur 2, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selantan, Kalimantan Timur, serta Sulawesi Selatan.

Kategori hafalan yang diperlombakan dalam acara tahunan ini meliputi hafalan 5 juz, 10 juz, 15 juz, 20 juz, 25 juz, dan 30 juz.

Sampai saat ini telah diadakan seleksi di 10 wilayah se-Indonesia, dan akan diadakan seleksi di tempat-tempat lainnya hingga akhir Agustus.

Kegiatan ini berlangsung atas kerjasama Pondok Pesantren Darunnajah dengan kementrian Agama dan Qatar Charity.

Pondok Pesantren Darunnajah merupakan satu Pesantren Modern di Indonesia. Dalam proses pendidikannya, Darunnajah mengaplikasikan nilai-nilai luhur dalam semua aspek kehidupannya. Dari mulai nilai keikhlasan, kesederhanaan, kemandirian, ukhuwah islamiyah dan kebebasan.

Darunnajah mendidik santri-santrinya untuk bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia berbadan sehat, berwawasan luas, kreatif dan terampil. Santri dididik untuk selalu semangat beribadah, berdakwah, berjuang, mengabdi dan mengamalkan ilmunya di masyarakat.