DARUNNAJAH, JAKARTA Hari pahlawan pada tahun ini menjadi saksi  digelarnya kembali Musabaqah Hifzhil Qur’an atau yang biasa disebut MHQ yang ke – 4 antar Pondok Pesantren se- ASEAN.  Alhamdulillah, kegiatan ini dapat diselenggarakan atas hasil kerja sama antara Pesantren Darunnajah dengan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an, Doha, Qatar.

Musabaqah Hifzhil Qur’an Antar Pesantren Tingkat ASEAN

Pembukaan Musabaqah Hifzhil Qur’an Antar Pesantren Tingkat ASEAN

Acara Musabaqoh Hifdzil Qur’an merupakan acara yang diselenggarakan setiap tahun di Pesantren Darunnajah. Dengan diselenggerakannya acara ini, Darunnajah ikut berkontribusi dalam mencetak masyarakat yang berbudi luhur serta mahir dalam ilmu Al-Qur’an bagi bangsa Indonesia.

Pada pembukaan acara  Dr. Sofwan Manaf, M.Si Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah menyampaikan agar acara seperti ini dapat menjadi media yang dapat memotivasi anak -anak bangsa agar menjadi generasi penerus yang cemerlang dan dapat bermanfaat bagi agama, negara, bahkan dunia.

 

Musabaqoh Hifzhil Qur’an yang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 – 12 November ini diikuti sekitar 300 peserta putra dan putri dari berbagai pondok pesantren se-Indonesia yang telah menjadi peringkat pertama pada seleksi wilayah yang diselenggarakan di 13 Wilayah di seluruh Indonesia, pada bulan Juli dan Agustus 2018. Dan peserta dari negara-negara ASEAN, berjumlah 22 peserta meliputi  Negara Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Kamboja dan Myanmar.

Pembukaan MHQ  yang dilaksanakan pada hari ini dihadiri oleh Pendiri dan Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah, Drs. KH. Mahrus Amin, Ketua Yayasan Darunnajah, KH. Saifuddin Arief, SH, MH, Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah, Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si., Wali kota Jakarta Selatan, Bapak H. Marullah Matali, Lc., M.Ag., Kasubdit Pendidikan al-Qur’an Kemenag RI mewakili Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Direktur Qatar Charity Indonesia, Mr. Karam Zainhoum serta sebagian santri dan guru-guru Pesantren Darunnajah.

Dewan hakim pada Musabaqoh Hofzhil Qur’an ini adalah para Dewan Hakim MHQ Nasional dan Internasional yang berasal dari Lembaga PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu al-Qur’an) Jakarta, IIQ (Institut Ilmu al-Qur’an) Jakarta, LPMQ (Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an) Kementrian Agama RI, LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Provinsi DKI Jakarta, JQH (Jam’iyyatul Qurra’ wal HUffazh), dan delegasi Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir.

Dengan diselenggarakannya acara ini sangat diharapkan para generesi Qur’ani  dapat terus mengembangkan potensinya dan menularkan bakatnya kepada para pemuda dan pemudi bangsa.