Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5 – 21 Januari 2019 . Siwak adalah alat pembersih gigi dan pemakaian siwak sebelum sholat itu dianjurkan oleh nabi Muhammad Saw . siwak adalah kayu yang berasal dari pohon “arok” ( Pohon-pohonan yang banyak tumbuh pada wilayah timur tengah ). memakai siwak hukumnya adalah sunnah.

Nabi Muhammad SAW, sangat menganjurkan bagi UmmatNya untuk selalu memakai Siwak paling tidak minimal setiap hendak berwudhu’ dan Sholat.

Inilah contoh siwak yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi dan merupakan sunnah rasul

Inilah contoh siwak yang biasa digunakan untuk membersihkan gigi dan merupakan sunnah rasul

Barang siapa manusia yang mengikuti sunnah-sunnah nabi maka insha allah akan termasuk kedalam golongan nabi. Nah maka dari itu mari kita memperbanyak sunnah-sunnah yang kita lakukan.

Manfaat-manfaat penggunaan siwak diantara lain :

  1. Siwak terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia
    Kayu siwak berasal dari tumbuh-tumbuhan yang alami, Sehingga dengan menggunakan siwak, Maka pengguna tidak perlu lagi menggunakan pasta gigi yang bahan dasarnya berasal dari bahan-bahan kimia.
  2. Siwak bisa menjadi pencerah gigi
    Selain kandungan anti bakteri, Dari penelitian juga diperoleh bahwa siwak mampu mencerahkan gigi. khasiat mencerahkan gigi ini diperoleh dari kandungan kimia yang juga terdapat di dalam gigi. Kandungan kimia itu berupa sodium bicarbonate, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine dan fluoride.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat yang terdapat pada penggunaan siwak .

 

Sahabat Pena : Muhammad Hafiz