Penggunaan Media Sosial Sesuai Syariat Islam Beserta Manfaatnya
Menu

Penggunaan Media Sosial Sesuai Syariat Islam

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Di era globalisasi saat ini, banyak sekali bermunculan media sosial. Tak bisa kita pungkiri lagi bahwa faktanya setiap kalangan mulai dari remaja, anak-anak hingga orang tua pasti mempunyai media sosial.

Era modern tanpa batas ini membuat semua orang dapat terhubung tanpa batas, jarak dan waktu,  tetapi disisi lain ada beberapa keburukan dibalik kemajuan tersebut. Islam sebagai agama akhir zaman selalu menuntun kita kepada kebaikan, begitupula dalam aktivitas media sosial.

Sebagai muslim, hendaknya kita harus mengetahui cara terbaik dalam penggunaan media sosial, agar kita tidak terjerumus dari hal-hal yang dilarang oleh Allah. Dan jangan terlalu berlebihan dalam menggunakannya, karena selain membahayakan mata kita, juga membuang waktu kita dengan hal-hal yang tidak bermanfaat.

مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ

‘Di antara (tanda) kebaikan Islam seseorang adalah meninggalkan perkara yang tidak bermanfaat baginya’.” (Hadits hasan. Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)

Banyak manfaat yang bisa kita ambil dari penggunaan media sosial, diantaranya:

  1. Media penyambung silaturahmi
  2. Membagikan karya tulis
  3. Berbisnis
  4. Belajar
  5. Berdakwah
  6. Sumber informasi

Alangkah baiknya jika tujuan kita menggunakan media sosial adalah untuk menebar faedah dan dakwah, sebab sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain pastilah mendatangkan pahala. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk selalu mengoreksi niat kita, karena Allah atau tidak?

Dengan demikian mari kita gunakan media sosial dengan hal-hal yang berguna bagi kehidupan kita dan dapat menggunakan media sosial sebagai jalan dakwah kita menebarkan nilai-nilai keislaman.

(dn.com/danisha)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Rapat Koordinasi Musyrif Kamar Pengasuhan Santri

Ahad (09/08/2020) Biro Pengasuhan Santri melakukan rapat bersama dengan para musyrif kamar seluruh rayon untuk menyampaikan beberapa poin mengenai peran musyrif sebagai pembimbing kamar setiap

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Tadabbur Al Qur’an, Memetik makna hikmah yang sesungguhnya

يُؤْتِى ٱلْحِكْمَةَ مَن يَشَآءُ ۚ وَمَن يُؤْتَ ٱلْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِىَ خَيْرًا كَثِيرًا ۗ وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّآ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ “Allah menganugerahkan hikmah kepada siapa yang dikehendaki-Nya.