Menu

3 Sunnah yang dilakukan Pada Hari Jumat Sesuai Sunnah Nabi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pondok Pesantren An Nahl Darunnajah 5 – 23 April 2019. Kita pasti tau, bahwa hari Jumat adalah hari yang Mulia bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia dan banyak sekali sunnah nabi pada hari jumat.

Keutamaan yang besar tersebut membuat umat Islam bersemangat mempelajari petunjuk Rasulullah dan sahabatnya, bagaimana seharusnya menyambut hari tersebut agar amal kita tidak sia-sia dan mendapatkan pahala dari Allah ta’ala.
Kali ini admin ingin menuliskan. Apa saja si 3 sunnah yang bisa kita lakukan pada hari jumat yang mulia ……..

1. Membaca surat Al-Kahfi

Membaca Surat Al-Kahfi setiap hari jumat
Membaca Surat Al-Kahfi setiap hari jumat

Merutinkan membaca surat Al-Kahfi. Mungkin kita akan susah nih istiqamah untuk membaca surat ini tetapi jika kita sudah memiliki keinginan yang kuat, Pasti deh kita bisa membacanya dengan istiqamah.

Nabi bersabda yang artinya, “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jumat maka Allah akan meneranginya di antara dua Jumat.” (HR. Imam Hakim dalam Mustadrok, dan beliau menshahihkannya)

2. Memperbanyak sholawat Nabi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat, maka perbanyaklah sholawat kepadaku di dalamnya, karena sholawat kalian akan ditunjukkan kepadaku, para sahabat berkata: ‘Bagaimana ditunjukkan kepadamu sedangkan engkau telah menjadi tanah?’ Nabi bersabda: ‘Sesungguhnya Allah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi.” (Shohih. HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasa’i)

3. Menggunakan Minyak wangi

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi pada hari Jumat dan bersuci semampunya, lalu memakai minyak rambut atau minyak wangi kemudian berangkat ke masjid dan tidak memisahkan antara dua orang, lalu sholat sesuai yang ditentukan baginya dan ketika imam memulai khotbah, ia diam dan mendengarkannya maka akan diampuni dosanya mulai Jumat ini sampai Jumat berikutnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga bermanfaat
Created by : Muhammad hafiz

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Pembacaan Tengko Disiplin Pesantren Nurul Ilmi

Serang 12 Desember 2019, Alhamdulillah Hari Minggu Tepatnya malam senin telah terlaksana pembacaan Tengko Santri lama dan Santri Baru. Pada kesempatan kali ini pembacaan Tengko