Alhamdulillah di tengah-tengah kesibukan para santri kelas akhir di Pondok Pesantren Darunnajah 2 Cipining yang sedang dihadapkan dengan Ujian Semester, namun mereka masih giat membaca dan belajar serta meningkatkan kualitas ibadahnya. Waktu belajarnyapun ditambah menjadi 3x dalam sehari yakni selepas shalat shubuh, ashar dan juga Isya. Kegiatan belajar ini bertempatkan di Masjid asrama masing-masing kampus dan diawasi langsung oleh beberapa guru yang telah dijadwalkan.

Tepat pada tanggal 12/11/16 kemarin, Ujian Semester bagi santri kelas XII MA/SMK resmi dibuka melalui apel upacara pagi. Ujian terbagi menjadi 2 sesi, sesi pertama untuk ujian lisan dan sesi berikutnya adalah untuk ujian tulis. Tak salah ujian ini memakan waktu kurang lebih selama 3 minggu lamanya.

Sejak tahun kemarin, Ujian Semester kelas akhir didahulukan dibanding dengan kelas atau santri yang lainnya. Pasalnya pada ujian semester yang akan diikuti oleh selruuh santri kelas VII MTs s.d XI MA, kelas akhir akan diberikan beberapa tugas untuk membantu proses ujian baik menjadi penguji lisan, pengawas ujian tulis, Komisi disiplin Ujian, Tata Usaha Keuangan dan masih banyak lagi.

Hal ini dimaksudkan agar mampu mencetak generasi yang sarat akan ilmu serta pengalaman serta memberikan kesempatan bagi para santri kelas akhir untuk meningkatkan kemampuannya serta meningkatkan mental yang berani agar jiwa menjadi seorang guru sudah tertanam sejak dini.

(WARDAN/Annisa)