7 Tips Kiat Belajar Sukses Hadapi Ujian Semester
Menu

7 Tips Kiat Belajar Sukses Hadapi Ujian Semester

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

“Ujian untuk belajar, bukan belajar untuk ujian”

Umumnya banyak dari mereka berpikiran bahwasanya, belajar hanya untuk mereka yang masih sekolah atau sedang mempelajari sesuatu. Dapat diartikan hanya kalangan tertentu saja yang perlu belajar.

Tapi pada hakekatnya dalam hidup ini, belajar tidak memandang usia, jabatan, kalangan dan apapun. Siapa pun bisa dan boleh belajar mengenai apapun yang ingin dipelajari. Tanpa harus meminta izin terlebih dahulu.

Dan yang harus kita ingat, belajar tidak hanya di dalam kelas atau di sekolah saja. Tapi kegiatan belajar juga bisa dilakukan di luar kelas dan luar sekolah.

Bagaimana tidak? Kita bisa belajar tentang hal apapun seperti sosial, geografis, biologi, sejarah, tata boga, fisika, nisa’iyah/kewanitaan, fiqh, hukum, Al-Qur’an, psikologi, administrasi, politik, dsbg.

Nah, semua itu bisa kita pelajari dimana aja dan dengan siapa aja loh. Bahkan semakin canggihnya teknologi saat ini membuat semuanya menjadi lebih mudah. Kita bisa akses semuanya dengan searching aja. Eitsss… Tapi harus kroscek juga kebenerannya, and tanya sama orang yang faham yah. Biar lebih terarah dan nggak salah arah.

Berikut 7 Tips Kiat Belajar Sukses Saat Ujian Semester;

1. Beribadah

Selain belajar dengan tekun dan rajin, salah satu hal yang penting untuk kita lakukan ketika menghadapi ujian adalah berdoa kepada Allah. Dengan berdoa maka semua urusan kita bisa lebih mudah untuk dilalui. Ketika menghadapi ujian, tetap semangat untuk terus belajar serta berdoa agar diberi pikiran yang terang sehingga mudah untuk menjawab semua soal-soal ujian sehingga bisa lulus dengan mendapat ridha Allah.

2. Do’a Restu Orang Tua & Guru

Tak lupa pula sebelum melaksanakan suatu pekerjaan hendaknyalah kita meminta restu kepada kedua orang tua. Karna sesungguhnya keridhaan Allah itu berada pada ridhanya orang tua kita, dan murka Allah itu berada pada murka keduanya. Dan jangan lupa untuk meminta restu pada guru-guru yang telah mengajarkan kita dengan penuh kesabaran dan keikhlasan.

3. Belajar Efektif

Beberapa cara belajar yang efektif ketika menghadapi ujian adalah : 1. Buat suasana belajar yang nyaman 2. Pilih waktu belajar yang tepat 3. Kembangkan materi yang sudah dipelajari 4. Membaca adalah kunci belajar 5. Sediakan waktu untuk isttirahat.

4. Belajar Bersama

Belajar bersama teman-teman cenderung membuat siswa lebih cepat faham pada pelajaran karena mereka dapat saling sharing dan bertukar pendapat. Hal ini juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta terjalin nya hubungan kekeluargaan antar siswa.

5. Makan Teratur

Banyak orang yang sering jatuh sakit akibat terlalu fokus pada ujian sampai lupa untuk mengisi tenaga yang banyak terkuras karena giat nya belajar, padahal kita juga harus menyeimbangkan nya dengan makan yang teratur agar dapat lebih fokus dan bersemangat dalam mengikuti ujian.

6. Jaga Kesehatan

Dengan menjaga kesehatan maka aktivitas belajar akan berjalan lancar serta pelajaran dapat diterima denagn mudah. Karena tentunya hal yang sangat penting ketika ujian adalah menjaga kondisi badan. Untuk itu, kita harus membentengi diri dan menjaga kesehatan, yang dimulai dengan memperhatikan kebersihan lingkungan dan juga pola makan kita yang harus lebih teratur, serta membiasakan diri untuk berolahraga.

7. Tidur Tepat Waktu

Alangkah baiknya kita tidur tepat pada waktunya agar ketika bangun kita dapat lebih fresh dan tidak terlambat masuk ke ruang ujian, dimulai dari bangun tidur, shalat subuh, mandi, sarapan dan aktifitas lainnya. Kebiasaan baik ini sangat berpengaruh pada kehidupan kita karna pepatah mengatakan “Jika subuhmu baik, Insya Allah hari yang kau hadapi pasti baik.”

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Seminar Table Manner, Ajarkan Pentingnya Etika di Meja Makan

Aturan table manner adalah seperangkat aturan dan prinsip yang mengatur bagaimana proses dan tata cara yang sesuai dalam jamuan resmi. Beberapa aturan table manner misalnya mengatur soal jenis jamuan,