KAFILAH DA'WAH SANTRI MILITAN 'BERGERAK' KE JABODETABEK
Menu

KAFILAH DA’WAH SANTRI MILITAN ‘BERGERAK’ KE JABODETABEK

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pimpinan Pesantren Memberikan Pengarahan Safari Da'wah

Salah-satu visi  Darunnajah Cipining Bogor adalah mencetak kader ulama ‘amilin sholihin dan da’i yang mau dan mampu menyampaikan risalah islamiyyah ke seluruh lapisan masyarakat. Untuk menunjang tujuan mulia dimaksud, maka di anatara misi yang dikembangkan adalah progam da’wah kemasyarakatan yang wajib diikuti oleh segenap santri,  antara lain progam belajar bermasyarakat dalam wahana Safari Da’wah yang sudah dimulai pada awal 2000. Adapun progam Praktek Da’wah dan Pengabdian Masyarakat (PDPM) yang dilakukan oleh santri kelas VI TMI/XII MA Darunnajah, sudah ada sejak awal adanya kelas akhir pada tahun 1994.

Berda'wahlah karena dalam Da'wah ada kejayaan dan kemuliaan umat Islam!
Berda'wahlah karena dalam Da'wah ada kejayaan dan kemuliaan umat Islam!

Bertepatan dengan liburan semester gasal tahun pelajaran 2009-2010 ini, seluruh santri kelas 1 – V TMI telah mengadakan safari Da’wah ke Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Mereka terdiri dari 49 kelompok; 20 kelompok santri putra asrama, 1 kelompok santri putra non asrama, 17 kelompok santri putri asrama dan 11 kelompok santri putri non asrama. Setiap kelompok terdiri dari 10-12 santri dengan komposisi dari kelas VII-XI dan dipimpin oleh amir/amiraoh dari santri kelas V TNI/XI MA/SMK.

Dewan Guru Mendo'akan kesuksesan Para Santri Dalam Safari Da'wah
Dewan Guru Mendo'akan kesuksesan Para Santri Dalam Safari Da'wah

Proses pembekalan Safari Da’wah telah dilaksankan dari tanggal 20-27 Desember 2009 dengan materi Petunjuk Teknis safari Da’wah oleh Muhlisin Ibnu Muhtarom, Seni Retorika oleh Ust. Katna Putu Gandhi, S.Pd.I, Mudzakarah Adab-Adab oleh ust. Nurrohim Al Hafidz, Usth. Ella HUlasho, S.Sos. dan lain-lain. Pelaksanaan pembekalan berlokasi di masjid Jami’ bagi santri putra asrama, masjid putri bagi santri putri asrama dan di masjid kampus 2 bagi santri non asrama. Pembekalan ini dilengkapi dengan simulasi silaturrahmi ke guru-guru senior yang dilakukan oleh masing-masing kelompok sesuai jadwal dan dibawah bimbingan dan evaluasi dari pembimbing masing-masing.

Kendraanpun Berjajar Rapi Siap Menghantar Para santri!
Kendraanpun Berjajar Rapi Siap Menghantar Para santri!

Senin pagi, 28 Desember 2009 seluruh peserta da’wah mengadakan apel pemberangkatan di lapangan basket yang dihadiri oleh pimpinan pesantren, KH. Jamhari Abdul Jalal, Lc, Kepala Biro da’wah dan HUmas, Ust. Katna Putu Gandhi, S.Pd.I dan para kepala biro, kepala sekolah dan dewan guru. “Sebagai ssantri kita memang berbeda dengan siswa lain, kalau mereka dalam liburan langsung bisa menikmati liburannya, maka kita justru harus mengisinya dengan kegiatan yang positif konstruktif seperti Safari Da’wah ini!” Ungkap ust. Katna.

Peserta safari da'wah magang mengajar ngaji di TPA
Peserta safari da'wah magang mengajar ngaji di TPA

Adapun Kyai Jamhari menasehati agar para santri mau dan mampu menjalankan agenda Safari Da’wah ini sesuai dengan tata-tertib, aturan, disiplin seperti yang telah diarahkan dalam pembekalan. “Dalam berda’wah ini kita hanya mengharap ridha Allah, bukan dari manusia. Maka, lakukanlah dengan Ikhlas. Allah sudah menjajikan balasan yang besar bagi orang-orang yang mau berda’wah!” jelas alumni Ummul Quro University Makkah tersebut.

Koordinator safari da'wah mengadakan supervisi di Pongkor Nanggung Bogor
Koordinator safari da'wah mengadakan supervisi di Pongkor Nanggung Bogor

Dalam Apel pemberangkatan ini nampak wajah-wajah bersemangat para santri yang berkali meneriakkan yel-yel islami dan takbir yang dikomando langsung oleh pimpinan pesantren. Juga, jargon-jargon motivasi yang diteriakkan oleh master of ceremony, ust. Fahmi Dzikrillah, S.Ip. dan setelah penjelasan teknis pemberangkatan oleh koordinator Safari Da’wah, segenap peserta bersalaman dengan seluruh dewan guru sambil membaca sholawat Nabi SAW. Mereka segera menuju kendaraan masing-masing yang sudah berjajar rapi di depan gerbang pesantren.

Menyimak, mengevaluasi dan mengarahkan laporan kelompok putri
Menyimak, mengevaluasi dan mengarahkan laporan kelompok putri

Diantara kegiatan yang dilakukan dalam Safari Da’wah adalah Bersilaturrahmi kepada para tokoh agama dan masyarakat untuk mendapatkan do’a dan nasehat mereka, ikut magang di TPA/Madrasah Diniyah atau majlis ta’lim, belajar memakmurkan masjid dan majlis ta’lim serta mengikuti kegiatan-kegiatab keagamaan dan sosial yang ada di masyarakat. Selama kegiatan, mereka juga mendapatkan support dari para wali santri yang berkenan menjadi ahlu bait/tuan rumah dalam Safari Da’wah ini.

Pada Selasa, 29 Desember 2009 koordinator Safari Da’wah berkesempatan menengok dan mengevaluasi kelompok yang berlokasi di Kampung Nunggul Pongkor Nanggung Bogor yang dipimpin oleh Syarif  Hidayatullah dan Arif Budi Kusuma. Di desa yang yang sangat berdekatan dengan PT. tambang emas ANTAM tersebut, para santri mendpatkan respon yang sangat positif, hal ini terindikasi dibolehkannya mereka untuk magang mengajar mengaji di TPA ASh Shiddiqin yang mempunyai murid lebih dari 100 santri.

Berslitaruhmi kepada wali santri yang menjadi ahlu bait/tuan rumah
Berslitaruhmi kepada wali santri yang menjadi ahlu bait/tuan rumah

Adapaun pengontrolan kelompok lain yang memang cukup jauh jaraknya, dilakukan via telpon kepada seluruh ahlu baiat. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kegiatan Safari Da’wah ini sangat diminati oleh para santri karena mereka lebih merasa percaya diri setelah apa-apa yang mereka pelajari di pesantren dapat diterima dan dimanfaatkan oleh masyarakat, meskipun dalam kapasitan dan kualitas yang bervariasi.

Rangkaian kegiatan selanjutnya, tepatnya setibanya para santri di pesantren pada Ahad, 3 januari 2010 nanti adalah laporan setiap kelompok di hadapan seluruh santri, dewan guru dan para pembimbing masing-masing. Di samping menyampaikan laporan lisan, mereka juga diharuskan menyerahkan laporan tertulis detail kegiatan selama safari Da’wah dengan dilengkapi tanda-tangan saksi kegiatan seperti ahlu bait, ketua DKM, aparat desa, kepala TPA/MD atau guru ngaji dan lainnya. Semoga Para Santri Menjadi Da’i- Da’i Handal dan Profesional!

Ustad.....do'akan kami ya agar sukses dalam Safari Da'wah!
Ustad.....do'akan kami ya agar sukses dalam Safari Da'wah!

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan