Menu

Inilah Filosofi Urutan Acara Resmi Pada Pelantikan Pengurus Organisasi Santri

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Warta Darunnajah (WARDAN), Rabu, 2 November 2016, 07:55 WIB.

Hari ini, Rabu (2/11) merupakan Pelantikan Pengurus Organisasi Santri Darunnajah Cipining (OSDC,  untuk santri asrama), Organisasi Siswa Darunnajah Cipining (OSADC,  untuk santri non asrama) dan Koordinator Pramuka asrama dan non asrama.

Di antara rangkaian awal susunan acara Pelantikan adalah Pembacaan Kalam Ilahi (Al Qur’an),  menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Oh Pondokku, Mars Darunnajah dan Satya Dharma Pramuka.

Pembacaan Al Qur’an diurutan pertama dimaksudkan bahwa seluruh aktifitas kehidupan, pendidikan dan pengajaran di pesantren haruslah berlandaskan Al Qur’an sebagai way of life setiap muslim multazim. Al Qur’an adalah Cahaya Kehidupan, jangan pernah sekalipun dinistakan.

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya akan menanamkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air. Merupakan sebuah aksioma bahwa kemerdekaan Indonesia tercinta tidak bisa dilepaskan dari jasa jihad para ulama, kyai dan para santri.

Setiap kali Hymne Oh Pondokku dilantunkan maka akan menumbuhsuburkan penjjwaan dan penghayatan serta kesyukuran bahwa kita ditakdirkan menjadi bagian dari pesantren, baik sebagai pimpinan, guru, santri maupun posisi lainnya. Pondokku laksana ibuku. Ia telah melahirkan kita menjadi manusia yang sadar akan amanah kehidupannya.

Khusus bagi keluarga besar Darunnajah, setiap menyanyikan Mars Darunnajah maka akan muncul sikap optimisme akan kejayaan dan kebesaran Darunnajah sepanjang masa. Darunnajah adalah Ladang Perjuangan bukan Ladang Penghidupan.

Dan dengan menyanyikan satya dharma pramuka akan menguatkan nasionalisme lagi untuk menjadi manusia Pancasila yang sesuai dengan spirit pengabdian kepada Allah SWT. pramuka mendidik santri menjadi generasi aktifis dan sosialis (tidak egois/ananiyah).

Ditulis berdasarkan pemahaman dan penghayatan penulis selaku santri, ustadz dan kepala Biro Pengasuhan Santri.

Salam Perjuangan,

Akhukum Fillah,

Muhlisin Ibnu Muhtarom.

Back ground Pelantikan pengurus OSDC, OSADC dan Pramuka.
Back ground Pelantikan pengurus OSDC, OSADC dan Pramuka.

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait