Ikhtiar Darunnajah Mencagah Penularan Virus Corona
Menu

Ikhtiar Darunnajah Mencagah Penularan Virus Corona

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Sabtu Malam, 14 Maret 2020 Seluruh santriwan dan santriwati Darunnajah berkumpul di Masjid Jami’ setelah melaksanakan shalat maghrib berjamaah untuk mendengarkan maklumat penting yang disampaikan langsung oleh bapak Pimpinan Pesantren Dr. KH. Sofwan Manaf, M.Si.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memutuskan untuk meniadakan kegiatan belajar mengajar di sekolah selama 2 pekan kedepan mulai dari senin, 16 Maret 2020 s.d. 29 Maret 2020 untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Mencermati perkembangan info terkini tentang pandemik virus corona (Covid-19), dalam upaya memaksimalkan ikhtiar dan mencegah penyebarannya maka Pondok Pesantren Darunnajah secara terbuka menghentikan semua kegiatan belajar mengajar dan mengembalikan santri-santri untuk belajar dirumah selama 14 hari.

Pulangnya santri ke rumah masing-masing bukan untuk berlibur tetapi untuk belajar secara mandiri. Hal penting yang harus kita ingat adalah perpulangan ini bukanlah untuk berlibur dan bertamasya tapi umtuk meningkatkan rasa mawas diri dengan kondisi sekitar.

Pada tahun 1348 ada sebuah kisah wabah yang sedang menuju ke Damaskus dan melewati seorang kafilah di padang gurun. “Mau kemana kau wabah?” tanya kafilah. ” Mau ke Damaskus, mau merenggut 1000 nyawa” ujar wabah.

Sekembalinya dari Damaskus si wabah bertemu lagi dengan kafilah itu, dan kafilah protes, “Hai wabah, kau merenggut 50.000 nyawa, bukan 1000 seperti katamu”. Lalu jawab wabah itu” Tidak, Aku benar-benar mengambil 1000 nyawa, sisanya mati karena ketakutan”

Dari kisah ini dapat dismpulkan bahwa wabah penyakit sejatinya tidak pernah diharapkan muncul hingga menimbulkan kekhawatiran. Tetapi ada alasan yang mengakibatkan wabah penyakit muncul dengan dampak yang tidak dapat diperkirakan.

dalam situasi ini, ada baiknya kita mengamalkan doa yang disunnahkan Rasulullah dalam beberapa hadits

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, aku mencari perlindungan kepadamu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit jahat. (HR Abu Daud)

(dn.com/danisha)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN