Search
Close this search box.
blank

Apa Saja Arahan Jelang Ujian Mid Semseter?

Apa Saja Arahan Jelang Ujian Mid Semseter?

blank
Upacara Pembukaan Ujian Mid Semester di Darunnajah 2 Cipining

Mengawali rangkaian ujian mid semester genap, pagi ini Sabtu, 19/3/2016 diselenggarakan Upacara Pembukaan Ujian, bertempat di lapangan futsal kampus 1, upacara tersebut diikuti seluruh santriwan-santriwati, asrama – non asrama.

Tampak hadir pula bersama dewan guru Pengawas Pesantren; ustadz Drs Abdul Rasyid Sholeh dan Ustadz Jeje Juraemi, S.Ag, Kepala Madrasah Tsanawiyah, Nasihun Sugik, S.E, Kepala SMP, ustadz Isa Abdillah, S.E yang notabene ketua satu panitia ujian, Kepala Madrsah Aliyah, ustadz Katena Putu Gandhi, S.Pd.I dan Kepala SMK, ustadz Fathul Mu’min, S.Pd.I.

Adalah ustadz Musthafa Kamal, S.Pd.I, M.Ag selaku Kepala Penjamin Mutu Pendidikan didaulat menyampaikan Taujihat dan arahan kepada para peserta ujian. Pada musyawarah mingguan hari Rabu siang, ustadz Musthafa juga sudah menyampaikan Pengarahan Untuk Pengawas Ujian.

Beberapa hal yang dijelaskan oleh alumni KMI Gontor tersebut kepada para santri, antara lain :
1. Pentingnya Keihlasan sebagai dasar melaksanakan seluruh rangkaian ujian, sehingga akan tergapai Ridha Allah SWT.
2. Bahwa yang dipentingkan adalah proses bukan semata-mata hasil. Oleh karenanya para santri agar berupaya optimal dalam belajar. Niatkan Ujian untuk belajar bukan belajar untuk ujian. Gunakan setiap kesempatan yang ada untuk mudzakarah (mengulang pelajaran), bahkan sambil mengantri untuk mandi dan sebagainya pun agar dimanfaatkan untuk terus belajar.
3. Para santri agar menjaga kesehatan lahir batin.
4. Para peserta ujian juga diingatkan agar teliti, cermat dan tepat ketika mengisi lembar jawaban. Semua kolom (nama santri, nomer peserta ujian, kelas,pelajaran yang diujikan, hari & tanggal ujian,dan durasi waktu) harus diisi dengan benar. Jangan sampai tertukar soal dengan kelas lainnya.
5. Selalu berusaha menjaga kejujuran karena Allah SWT Maha Baik dan tidak menerima kecuali hal baik. Innallaaha Thoyyib Laa Yaqbalu Illaa Aththayyib.

Seusai arahan penjamin mutu, para santri diingatkan kembali Tata-Tertib Ujian Tulis yang dibacakan oleh Ketua dua Panitia Ujian (Panji), ustadz Ahmad Dimyati, S.Pd.I.

Rangkaian upacara disempurnakan dengan munajat dan do’a yang dipimpin oleh Kepala Biro Pengasuhan Santri, ustadz Muhlisin Ibnu Muhtarom, S.H.I. Sebelum berdo’a, alumni TMI Darunnajah 2 Cipining Bogor angkatan VII/2000 ini menambahkan poin terkait dengan disiplin santri (baca tulisan lain berjudul : Ingin Sukses?, Berdisiplinlah!).

Semoga para santri mau dan mampu menjalani rangkaian UTS selama dua pekan ini dengan maksimal. (WARDAN/Mr. MiM).

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah