Saudaraku kaum muslimin yang berbahagia, Hari Jum’at merupakan hari yang mulia dalam Islam. Hari Jum’at menjadi hari yang terbaik dan paling utama dibandingkan dengan enam hari yang lainnya. Bukti kemuliaannya, Allah mentakdirkan beberapa kejadian besar pada hari tersebut  adalah diciptakannya Adam dan masuknya Adam menuju surga  untuk kemudian dikeluarkan lagi dan hari Jum’at juga hari yang ditetapkan sebagai hari kiamat dikemudian waktu dan juga ada beberapa amal ibadah yang dikhususkan pada malam dan siang harinya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“ Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi).

Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa “Hadits ini adalah hadits paling kuat tentang surat Al-Kahfi”, (Shahih al-Jami’, no. 6470)

Dari Abu Sa’id Al Khudri, Rosulullah bersabda “Barang siapa membaca surat Al-Kahfi sebagaimana diturunkan, maka ia akan mendapatkan cahaya dari tempat ia berdiri hingga ke mekkah. Barang siapa membaca ayat 10, kemudian keluar Dajjal, maka ia tidak akan dikuasai. Barang siapa yang berwudhu,lalu ia ucapkan  : Subhanakallahumma wa bi hamdika laa ilaha anta, astagfiruka wa atubbu ilaikh(Maha suci engkau ya Allah, segala pujian untuk mu, tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain engkau, aku senantiasa memohon ampundan taubat pada mu), maka akan dicatat baginya dikertas dan dicetak sehingga tidak akan luntur hingga hari kiamat.”

Surat Al-Kahfi termasuk surat yang memiliki keutamaan tertentu karena dianjurkan untuk dibaca pada hari Jum’at. Seperti yang telah dijelaskan dalam hadist yang ada diatas ini.

Manfaat menjalankan amalan sunnah di malam Jum’at akan terasa bagi umat muslim yang menjalankannya dengan istiqomah serta tanpa tujuan apapun selain mencari ridho Allah SWT.

Saudaraku, Inilah salah satu amalan di hari Jum’at dan keutamaan yang sangat besar di dalamnya. Akankah kita melewatkan begitu saja..?

Masih bayak lagi amalan amalan yang dianjurkan pada hari Jum’at maupun malam Jum’at yang bisa dijalankan seperti  Membaca shalawat nabi dan memperbayak doa.

Semoga Allah selalu memberikan kita kemudahan untuk beramal sholeh sesuai tuntunan Nabi-Nya shallallahu ‘alaihi wa sallam.

(hwatihera99/WARDAN)