Keutamaan Dalam Membaca Surat Al Kahfi

Keutamaan Dalam Membaca Surat Al Kahfi

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram

alquran surat alkahfi
Alquran surat alkahfi

Keutamaan dalam membaca surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi merupakan surat ke 18 yang terdiri dari 110 ayat, surat ini termasuk dalam golongan surat-surat Makkiyah yang berarti surat tersebut diturunkan dikota Mekkah. Manfaat membaca surah Al-Kahfi berkaitan erat dengan sabda Rasulullah SAW yang sangat menganjurkan umatnya membaca surat Al-Kahfi dihari Jumat agar dihindarkan dari fitnah Dajjal.

Nabi Muhammad SAW bersabda ” jika seorang manusia rajin membaca surah Al Kahfi tidak hanya dihari jumat saja, maka dia akan terhindar dari fitnah Dajjal yang keji . Manfaat membaca surah Al Kahfi ini juga akan diberikan bagi yang bisa membaca surah Al – Kahfi dalam satu hari jumat saja

1. Jika dibaca malam Jumat

“barang siapa yang membaca surah Al-Kahfi pada malam jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan ka’bah” (HR. Ad Darimi)

2. Jika dibaca pada hari Jumat

“barangsiapa yang membaca surah Al Kahfi pada hari jumat, maka akan memancarkan cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua jumat” (HR. Abu Bakr bin Mardawaih)

3. Menghafal 10 ayat pertama kamu terhindar dari dajjal

“siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surah Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari dajjal” (HR. Muslim)

Imam Nawawi menjelaskan bahwa pada awal surah Al-Kahfi terdapat keajaiban – keajaiban dab tanda – tanda kebesaran Allah SWT. Sebagaimana yang disebutkan  dalam surat Al Kahfi ayat 102.

“Maka apakah orang – orang kafir menyangka bahwa mereka (dapat) mengambil hamba – hamba-Ku menjadi penolong selain Aku? Sesungguhnya Kami telah menyediakan Neraka Jahannam tempat tempat tinggal bagi orang – orang kafir “

Sebagai Pengingat Dihari kiamat

Dalam surah AlKahfi ayat 47 diingatkan akan datangnya hari kiamat suatu hari nanti. Manusia akan diperlihatkan dengan gunung-gunung yang terbang. Seluruh manusia akan dikumpulkan dan tidak ada seorang manusia yang tersisa dibumi.

“dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) kami perjalankan gunung – gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorang pun dari mereka”

Loading...

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah