Baris berbaris/gerak jalan biasanya dilakukan ketika ada kegiatan Pramuka, tapi beda dengan yang dilakukan di kecamatan Padarincang lomba baris berbaris atau gerak jalan dilkukan sebelum acara 17 agustus, kegiatan ini diikuti oleh seluruh jenjang  pendidikan sekolah menengah pertama (SMP/MTS) dan sekolah menengah atas (SMA). sekitar 20 sekolah mengikutin kegiatan ini, termasuk Tsurayya pun mengutus siswa dan siswinya. Dengan semangat membara santri Tsurayya menunjukan gerak jalan yang menarik dipadu dengan yelyelan yang energic. Para peserta diharuskn berjalan dimulai dari wisata Batu Kuwung menuju alun-alun padarincang dengan jarak tempuh sekitar kurang lebih 4 km.

keseruan ini dirasakan para santri dan menjadi motivasi untuk memeriahkan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke 74 nanti. dengan modal latihan dan mental yng kuat para santri dengan percaya diri tampil di depan puluhan penonton yang ikut menyaksikan kegiatan tersebut, meski para pesaingnya sudah lebih piawai dalam kegiatan gerak jalan ini, tapi tidak membuat santri Tsurayya gentar karna telah dilatih dengan berbagai kegiatan di asrama.

dengan mengikuti kegiatan ini diharapkan santri menambah pengalaman dan memupuk mental mereka, supaya tidak gentar menghadapi apapun, dan mampu memberi ilmu di semua kegiatan yang mereka jalani, karena kelak mereka yang akan mencerdaskan bangsa ini dengan ilmu dan amal yang mereka miliki.