Waktu Mustajab Untuk Berdo’a
Menu

Waktu Mustajab Untuk Berdo’a

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

wktu do'a

Sebagai manusia tidak kita pungkiri begitu banyak yang kita inginkan untuk melengkapi kehidupan kita, dimana kita tidak akan bisa mendapatkan itu semua kecuali dengan seizin dan ridha Allah swt.

Salah satu cara yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan yang kita inginkan adalah dengan berusaha semaksimal mungkin, dan tentunya disertai dengan berdo’a agar apa yang kita usahakan di kehendaki oleh Allah swt yang Maha Kuasa.

Berdo’a adalah memohon kepada Allah swt atas hajat yang kita inginkan, berdo’a merupakan sebuah ibadah yang mulia yang dicontohkan oleh Rasulullah saw, sebagaimana dalam sabdanya, “Tidak ada sesuatu yang lebih mulia di sisi Allah swt dibandingkan do’a”. (HR Buckhari, Ahmad, tirmidzi dan Nasa’i).

Berdo’a juga sebagai tanda seorang hamba patuh kepada Rabb Nya, sebagaimana Allah swt berfirman, “Berdo’alah kepada Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah Ku akan masuk Neraka Jahannam dalam hina dina”. (QS Al Mukmin: 60) .

Kapan dan dimana saja kita bisa memanjatkan do’a, akan tetapi ada beberapa waktu dimana setiap do’a yang kita panjatkan akan di kabulkan oleh Allah swt, berikut diantara waktu-waktu yang Allah swt akan mengabulkan setiap do’a hamba Nya;

  1. Malam Lailatul Qadar

Seperti kita ketahui satu malam yang berada dibulan suci Ramadhan yakni malam Lailatul Qadar memiliki banyak keutamaan seperti lebih baik dari 1000 bulan, beruntung bagi siapa yang dikehendaki Allah swt untuk dapat menjumpainya, lalu ia berdo’a kepada Allah swt, maka Allah swt akan mengampuni dosa-dosanya.

Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa melaksanakan shalat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah swt, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni”. (HR Bukhari)

2. Hari Jum’at

Hari jum’at dikenal sebagai hari rayanya ummat muslim, dimana Allah swt memberikan berbagai kemuliaan didalamnya sehingga ummat Islam di ajarkan untuk memperbanyak melakukan amalan amalan yang bernilai ibadah. Banyak amalan yang dapat kita lakukan seperti bersedekah, membaca Al Qur’an, shalat jum’at, dzikir dan tentunya memperbanyak berdo’a kepada Allah swt.

Rasulullah saw bersabda, “Di hari Jum’at itu terdapat satu waktu yang jika seseorang muslim melakukan shalat didalamnya dan memohon sesuatu kepada Allah swt, niscaya permintaannya akan dikabulkan, lalu beliau memberi isyarat dengan tangannya yang menunjukan waktu yang sedikit itu”. (HR Bukhari dan Muslim).

3. Ketika Turun Hujan

Hujan merupakan nikmat dari Allah swt bagi seluruh makluk di bumi. Dengan turunnya hujan tumbuhan menghijau, binatang semakin gemuk dan manusia pun semakin sejahtera. Selain membawa keberkahan bagi makhluk di bumi ternyata disaat turunnya hujan menjadi waktu yang mustajab yang dapat dipergunakan oleh manusia untuk berdo’a memohon hajat kepada Rabb Nya.

Rasulullah saw bersabda, “Dua do’a yang tidak akan di tolak; do’a ketika adzan dan do’a ketika turunnya hujan”. (HR Al Hakim dan Al Baihaqi).

4. Ketika Meminum Air Zamzam

Air zamzam merupakan air suci yang hanya ada di kota Makkah, tepatnya di daerah Masjidil Haram. Air yang menjadi oleh oleh wajib bagi yang melakukan ibadah Haji dan Umrah ini mempunyai kasiat yang luar biasa, sebagaimana dikatakan dalam hadist,

Rasulullah saw bersabda, “Air zamzam itu sesuai maksud meminumnya”. (HR Ibnu Majah dan Ahmad).

Maksud dari hadist diatas adalah air zamzam mampu mengikuti apa kemauan dari orang yang meminumnya, sebagai contoh orang meminum air zamzam agar penyakit yang dideritanya sembuh, dengan seizin Allah swt air zamzam mampu menjadi obat penyembuh.

5. Antara Adzan dan Iqomah

Kumandang adzan yang mampu menggetarkan hati, sejatinya sebagai tanda akan datangnya waktu yang mulia yakni shalat namun sebelum mengerjakan kewajiban setiap muslim itu diantara adzan dan iqomah merupakan waktu yang mustajab untuk berdo’a, maka sempurnalah ibadah seseorang yang mampu menjawab setiap kumandang adzan serta menyempatkan diri berdo’a kepada Allah swt hingga iqomah dan dilanjutkan shalat fardhu dengan berjamaah di Masjid.

Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya do’a yang tidak tertolak adalah do’a antara adzan dan iqomah, maka berdo’alah kala itu”. (HR Ahmad).

6. Akhir Shalat Fardhu

Ibadah shalat merupakan salah satu bentuk do’a yang kita amalkan setiap hari, setidaknya 5 waktu dalam sehari kita berdo’a dalam shalat ini, oleh karena itu shalat yang di panjangkan (khusuk dan lama) sangat dicintai Allag swt. Dalam hadistnya Rasulullah saw berwasiat kepada ummatnya untuk berdo’a diakhir shalat fardhu.

Rasulullah saw bersabda, “Aku wasiatkan kepadamu wahai Mu’adz. Janganlah engkau tinggalkan untuk berdo’a setiap dubur shalat(akhir shalat). “Allahumma a’inni ‘ala dzikrika wa syukurika wa husni ‘ibadatik”. Ya allah, tolonglah aku untuk berdzikir pada Mu, bersyukur kepada Mu dan memperbagus ibdah pada Mu”. (HR Abu Daud).

7. Do’a Orang yang Tidur dalam Keadaan Suci

Sungguh Allah Maha Pengasih dan Penyayang, bagaimana tidak ketika kita tidur tidak melakukan kegiatan yang besar namun akan dinilai ibadah dan akan diganjar pahala. Seperti apakah tidur yang bernilai ibadah itu? Yakni tidur seorang hamba dalam keadaan suci dan diawali dengan berdzikir kepada Allah swt. Selain tidurnya bernilai ibadah tapi juga tatkala ia terbangun dari tidurnya dimalam hari maka menjadi waktu mustajab baginya untuk berdo’a kepada Allah swt.

Rasulullah saw bersabda, “Tidak ada seorang muslim yang tidur setelah berdzikir dan dalam keadaan suci, lalu ia bangun di malam hari, kemudian meminta kepada Allah swt kebaikan dunia dan akhirat, kecuali Allah swt akan memberikannya”. (HR Abu Dawud)

8. Ketika Terbangun dari Tidur di Malam Hari

Sering kita terbangun dimalam hari saat tidur, lalu apa yang pertama kali kita lakukan? Mencari Hp melihat jam dan tidur lagi? Atau hanya mencari selimut kemudia melanjutkan tidur? Sesungguhnya Allah swt memberikan keutamaan disaat kita terbangun dari tidur, yakni Allah akan mengabulkan do’a yang dilakukan oleh seorang hamba disaat terbangun dari tidurnya lalu berdzikir mengagungkan kebesaran Allah swt dan dia berdo’a maka Allah swt akan mengabulkan do’anya.

Rasulullah saw bersabda, “Barang siapa yang bangun di malam hari, lalu ia mengucapkan, “Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah swt. Milik Nya kerajaan dan milik Nya pujian dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Segala puji bagi Allah yang Maha Suci, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah swt. Allah Maha Besar dan tidak ada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah. Kemudian dia berkata, “Ya Allah, ampunilah aku”. Atau dia berdo’a, maka akan dikabulkan dan jika dia berwudhu dan shalat, maka akan diterima shalatnya”. (HR Bukhari dan Tirmidzi).

9. Sepertiga Malam Terakhir

Beruntunglah bagi mereka yang mampu bangun disepertiga malam kemudian mengambil air wudhu dan mengerjakan shalat malam, berdzikir dan berdo’a kepada Allah swt. Karena pada saat itu Allah swt turun ke langit dunia dan mengabulkan do’a dari setiap hamba Nya.

Rasulullah saw bersabda, “Rabb kita turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: “Siapa yang berdo’a kepada Ku, Aku akan memperkenankan do’anya. Siapa yang meminta kepada Ku, pasti akan Aku beri. Dan siapa yang meminta ampun kepada Ku, pasti akan Aku ampuni”. (HR Bukhari dan Muslim)

Demikianlah beberapa waktu yang mustajab untuk berdo’a, namun sebab terkabulnya do’a tidak hanya berdo’a pada waktu yang mempunyai keutamaan, namun kita juga harus memperhatikan tata cara dan do’a yang baik agar Allah swt berkenan mengabulkan setiap permohonan kita, Aamiin. Wallahu ‘Alam. (Abs)

 

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA DARUNNAJAH JAKARTA

بسم الله الرحمن الرحيم SURAT KEPUTUSAN 67.A/PPSB-TMI/DN/VI/2020 TENTANG HASIL TES SELEKSI MASUK GELOMBANG KETIGA TARBIYATUL MUALLIMIN/AT AL-ISLAMIYAH (TMI) PONDOK PESANTREN DARUNNAJAH TAHUN AJARAN 2020-2021