Waktu-Waktu Mustajab Berdoa Dalam Hadits (2)
Menu

Waktu-Waktu Mustajab Berdoa Dalam Hadits (2)

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Berdoa boleh kapan saja dan semua doa itu bisa dikabulkan oleh Allah swt.. Namun terdapat waktu-waktu mustajab yang inshaallah segera dikabulkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Oleh karena itu sebaiknya kita dapat memanfaatkan waktu-waktu tertentu yang dijanjikan oleh Allah bahwa doa ketika waktu-waktu tersebut inshaallah dikabulkan. Diantara waktu-waktu tersebut adalah:

Saat Sujud Dalam Sholat
Sujud merupakan bagian dalam sholat yang dimana kita memposisikan tubuh kita paling rendah. Banyak para orang-orang soleh memperpanjang sujudnya, terutama di sujud terakhir terutama dalam sholat sunnah, karena dalam sholat berjama’ah kita harus mengkondisikan dengan para jama’ah.

 

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

 

“Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu” (HR. Muslim)

 

Menjelang Berbuka Puasa

Beberapa menit sebelum maghrib, sebelum berbuka puasa inshaallah merupakan waktu mustajab untuk berdoa. Rasulullah saw. bersabda:

 

إِنَّ لِلصَّائِمِ عِنْدَ فِطْرِهِ لَدَعْوَةً مَا تُرَدُّ

 

“Sesungguhnya do’a orang yang berpuasa ketika berbuka tidaklah tertolak.” (HR. Ibnu Majah; hasan)

 

Bahkan didalam sebuah hadits pula disebutkan bahwa orang yang sedang berpuasa, dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari doanya mustajab.

 

Hari Arafah

Hari arafah adalah hari ke-9 dari bulan Dzulhijjah dimana pada waktu tersebut para jama’ah haji sedang melakukan wukuf (berdoa, bermunajat, dan memohon ampun) di arafah. Inshaallah pada waktu ini doa kita mustajab.

 

خَيْرُ الدُّعَاءِ دُعَاءُ يَوْمِ عَرَفَةَ وَخَيْرُ مَا قُلْتُ أَنَا وَالنَّبِيُّونَ مِنْ قَبْلِى لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيرٌ

 

“Sebaik-baik doa adalah doa pada hari arafah. Dan sebaik-baik ucapanku dan Nabi sebelumku adalah (yang artinya): Tiada ilah kecuali Allah yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya, milikNyalah segala kerajaan, bagiNya segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR. Tirmidzi; shahih)

 

Demikianlah beberapa waktu-waktu yang inshaallah mustajab untuk berdoa. Semoga dengan mengetahui dan memahami waktu-waktu mustajab doa kita sebagai umat islam sering berdoa dan memohon ampun kepada Allah swt. dimanapun, kapanpun, dan apapun yang terjadi pada diri kita. Aamiin.

Baca Juga ‘waktu-waktu mustajab berdoa dalam hadits 1

(DN.COM/rizqillah)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Pengumuman Kenaikan Kelas Annur Darunnajah 8 Cidokom TA 2019-2020

PENGUMUMAN KENAIKAN KELAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020 BISMILLAHRRAHMANIRRAHIM SURAT KEPUTUSAN DIREKTUR TMI ANNUR DARUNNAJAH 8 CIDOKOM Nomor: 74/TMI-DN8/V/2020 HASIL UJIAN AKUMULATIF SELAMA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 PONDOK PESANTREN