Menu

Upgrade Semangat Menghafal Al-qur’an Dengan Kegiatan Baru

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Santri yang mengikuti program tahfidz di Pondok Pesantren Darunnajah Cipining, memiliki kegiatan khusus setiap minggunya, yaitu sima’an.

Seperti apa sih kegiatan sima’an ?

Program sima’an ini tujuannya untuk menguatkan hafalan dan membaguskan bacaan. Pada kegiatan sima’an mereka akan memuroja’ah atau mengulang hafalan yang telah di setorkan sebelumnaya, dan akan di simak oleh Asatidz dan teman-temannya.

Untuk menambah warna baru pada kegiatan rutin mingguan ini, maka beberapa pihak baik Asatidz dan santri membuat kegiatan baru yaitu Safari Al-qur’an.

Bingung kan kayak gimana Safari Al-Qur’an itu ?

Mari disimak

Safari Al-Qur’an sebetulnya adalah kependekan dari Santri Tahfidzul Al-Qur’an.

Kegiatan ini tidak merubah kegiatan inti dari sima’an, setelah santri mengulang hafalan yg dimilikinya dilanjut dengan sharing motivasi menghafal dan pengetahuan seputar Al-Qur’an.

Siapa yg memberikan materi tersebut ?

Tentunya beberapa Asatidz Darunnajah Cipining yg memang diamanahi untuk mengurus kegiatan tahfidz yg ada di pondok, juga kedepannya akan di undang beberapa alumni yang memang mumpuni di bidangnya.

Lokasi Safari Al-Qur’an berlangsung di alam terbuka, sehingga membuat kegiatan ini menjadi lebih menarik, juga tentunya memberikan atmosphere baru untuk para santri penghafal Al-qur’an yang sering menghabiskan waktunya di masjid.

Slogan #membumibersamaAl-qur’an sebagai misi Safari Al-qur’an, diharapkan semoga menjadi do’a dan keberkahan yang mengirigi disetiap jengkal tanah di Pesantren Darunnajah 2 Cipining.

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi media Syi’ar  agar suasana Qur’ani dirasakan diseluruh penjuru pesantren dan sekitarnya.

 

Selain itu semoga dengan adanya kegiatan baru ini, motivasi para santri untuk menghafal Al-Qur’an akan selalu terupgrade setiap minggunya bahkan setiap harinya. Karena kita tahu pentingnya , membaca, mentadaburi, dan menghafal Al-Qur’an.

Sebagaimana digambarkan dalam Hadits kualitas membaca AL-qur’an kita akan menentukan kualitas kita di Akhirat

Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amar ra. Dari Nabi SAW beliau bersabda : “pada hari kiamat nanti akan dikatakan kepada pembaca Al-qur’an : bacalah dan naiklah sebagaimana engkau terus menerus meningkat dalam membaca Al-qur’an di dunia. Kedudukanmu di akhirat ini setinggi bacaan Al-Qur’anmu.” (HR. Tirmidzi dan Abu Daud)

 

(Wardan/iffa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Serunya Diskusi Bidayatul Mujtahid Bersama Syaikh Dr. Shawki

Untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya, Sekolah TInggi Agama Islam (STAI) Darunnajah mengadakan diskusi mingguan “Kajian Bidayatul Mujtahid”. Kegiatan yang berlangsung setiap hari Selasa ini menghadirkan pembicara