Gelaran Darunnajah Kids Competition XII dibuka langsung oleh ketua yayasan Darunnajah yang diwakili oleh Ust. Drs.H. Musthafa Hadi Chirzin pada hari Sabtu, 11 Maret 2017 di lapangan sekolah. Hadir pula pimpinan pesantren Ust. Dr. KH. Sowfan Manaf, M.Si didampingi oleh sekretaris yayasan ust. H. Abdul Haris Qodir.

Menurut laporan panitia Darunnajah Kids Competition yang disampaikan oleh ibu Ruqoyah, S.Pd.I bahwa perserta lomba tahun ini adalah 23 sekolah yang tersebar di wilayah Jakarta Selatan dan Tangerang, dan  peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini berjumlah 479 anak. Adapun lomba yang dipertandingkan adalah futsal, senam sehat, hafalan doa harian, shalat berjamaah, adzan iqomah, dan shalat berjamaah.

Dalam sambutannya Drs. Mushtafa Hadi Chirzin menyampaikan bahwa selamat atas terselanggaranya Darunnajah kids competition ke XII dan mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta lomba di pondok pesantren Darunnajah. Lembaga ini adalah lembaga milik umat Islam yang artinya milik bapak ibu anak-anakku semua, maka marilah kita sebagai sebuah keluarga besar dalam kesempatan yang berbahagia ini mengikuti seluruh kegiatan dengan semangata persaudaran, semangat kebersamaan, dan semangat fastabiqul khoirot.

Dengan senang hati kami mengapresiasi kegiatan Darunnajah Kids Competition XII,  karena memang kompetisi ini adalah kesempatan bagi anak-anak dan guru-guru, serta orang tua pada umumnya. Kompetisi ini memiliki nilai-nilai positif,  yang pertama adalah ajang ini adalah untuk eksibisi, unjuk keterampilan dan keberanian , dan yang kedua adalah untuk memacu semangat berprestasi untuk masa yang akan datang.