Tingkatkan Hafalan Target Santri Melalui Setoran Ibam
Menu

Tingkatkan Hafalan Target Santri Melalui Setoran Ibam

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pesantren Darunnajah 2 Cipining Bogor yang umumnya bermuatan pelajaran hafalan, juga memiliki standaritas atau sebuah target hafalan yang harus di selesaikan oleh para santrinya setiap 1 semester. Masing-masing kelas dan tingkatan memiliki beban hafalan yang berbeda, bahkan tidak hanya seputar surat-surat dalam Al-Qur’an namun juga Do’a Harian hingga praktek ibadah yang lainnya.

IBAM merupakan singkatan dari Ibadah Amaliah, setiap santri akan memiliki buku ibamnya masing-masing lalu menyetorkan surat maupun hafalan sesuai yang tertera dalam kewajiban kelasnya tersebut. Ibam merupakan salah satu hal yang paling penting untuk diperhatikan mengingat ini merupakan salah satu syarat agar para santri berhak mengikuti ujian Semester selain harus menyelesaikan SPP di setiap bulannya.

Setiap tahunnya program Ibam ini berjalan sebagaimana mestinya, adapun teknisinya setiap santri harus menyetorkan hafalannya kepada wali kelasnya masing-masing. Hampir sudah 2 tahun ini pesantren dalam hal ini pendidikan canangkan program setoran Ibam setiap malam senin dan malam kamis di masjid area kampus masing-masing.

Hal ini bertujuan agar para santri mampu mempersiapkan hafalannya sejak dini dan memotivasi santri lainnya agar terus belajar dan berusaha menyelesaikan amanatnya sesuai dengan waktunya. Adapun waktu yang digunakan untuk setoran ibam ini dilaksanakan selepas shalat isya berjama’ah.

(WARDAN/Annisa)

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta

Semarak Idul Adha, IKPDN Yordania Qurban Secara Kolektif

Syariat islam membolehkan berkurban secara kolektif, atau dengan cara pengumpulan dana dari beberapa orang. Diriwayatkan hadis dari sahabat Jabir RA, bahwasanya, “Nabi memerintahkan kepada kami