Mengingat semakin dekatnya waktu ujian semester I berlangsung, sejak dini banyak santri yang mulai menyelesaikan setoran IBAM atau Ibadah Amaliyah tersebut kepada wali kelasnya masing-masing. Ibam merupakan salah satu tanggungan santri dan persyaratan untuk dapat mengikuti ujian. Penyetoran ini juga telah dimulai sejak awal masuk tahun ajaran baru pada bulan juli lalu. Adapun beberapa hal yang terdapat dalam buku setoran Ibam para santri adalah aneka praktik ibadah, hafalan surat-surat pendek serta Do’a-doa harian.

photo_2016-11-29_13-57-05Selain itu, waktu menyetorkan Ibam dilaksanakan 2x dalam seminggu. Tepatnya setiap malam kamis dan malam senin di Masjid asrama masing-masing. Penyetoran Ibam dimulai selepas shalat Isya berjama’ah s.d pukul 21.30 WIB.

Tak hanya itu, setiap hafalan yang sudah disetorkan kepada wali kelasnya masing-masing akan diberikan tanda tangan dalam buku pegangan santri yang diberi nama setoran ibadah amaliyah. Hal dimaksudkan agar para santri yang sudah menghafal dan menyetorkan tanggungannya terlihat dan terdata, selain itu jika buku setoran telah tertanda tangani semua, ini akan menjadi bukti bahwa santri tersebut layak mengikuti ujian semester dan berhak menerima kartu ujian. Semoga dengan adanya tugas ibadah amaliyah santri ini mampu mencetak generasi yang sholeh/ah. Amin!

(WARDAN/Annisa)