Tingkat dan Bahaya Syirik

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on telegram
Contoh patung berhala
Contoh patung berhala

Syirik adalah segala tindakan manusia yang menyekutukan Allah SWT. Seorang hamba dapat dikatakan syirik hanya dengan mempercayai atau manggantungkan harapan entah itu kepada benda, manusia atau hal yang lainnya.

Loading...

 

Tingkat Syirik

Dari tingkatnya syirik terbagi menjadi 2 bagian, yaitu:

-Syirik Besar (Syirik Akbar)

Seseorang termasuk ke dalam syirik besar saat ia meyakini adanya tuhan selain Allah SWT. Saking besarnya, sehingga ia akan mendapatkan dosa yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT kecuali dengan taubat. Syirik besar membuat seseorang keluar dari agama Islam serta kekal di dalam neraka.

-Syirik Kecil (Syirik Ashgor)

Syirik kecil adalah tindakan manusia dalam beribadah bukan karena Allah SWT, tetapi karena manusia yang lain. Contoh dari syirik ini adalah seseorang yang beramal agar dilihat oleh saudaranya. Biasanya hal seperti ini disebut dengan riya’ dalam Islam.

 

Bahaya Syirik

  1. Seluruh amalan baiknya akan gugur

Allah SWT berfirman :

Loading...

ذٰلِكَ هُدَى اللّٰهِ يَهْدِيْ بِهٖ مَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖ ۗوَلَوْ اَشْرَكُوْا لَحَبِطَ عَنْهُمْ مَّا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

“Itulah petunjuk Allah, dengan itu Dia memberi petunjuk kepada siapa saja diantara hamba-hamba-Nya yang Dia kehendaki. Sekiranya mereka menyekutukan Allah, pasti enyaplah amalan yang telah mereka kerjakan.” (Q.S. Al-An’am : 88)

Dari ayat diatas, Allah telah memperingati hambaNya agar tidak menyekutukan Allah SWT. Karena sebaik apapun amalannya di dunia, tetapi ia menyekutukan Allah amal-amal yang telah manusia itu perbuat akan hilang karena kesyirikannya.

 

  1. Dosanya tidak akan diampuni

اِنَّ اللّٰهَ لَا يَغْفِرُ اَنْ يُّشْرَكَ بِهٖ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذٰلِكَ لِمَنْ يَّشَاۤءُ ۚ وَمَنْ يُّشْرِكْ بِاللّٰهِ فَقَدِ افْتَرٰٓى اِثْمًا عَظِيْمًا

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni (dosa) karena mempersekutukan-Nya (syirik), dan Dia mengampuni apa (dosa) yang selain (syirik) itu bagi siapa yang Dia kehendaki. Barang siapa mempersekutukan Allah, maka sungguh, dia telah berbuat dosa yang besar.”(Q.S. An-Nisa :48)

Dari kutipan ayat tersebut,telah jelas Allah memperingati akan dosa yang didapat manusia dari mempersekutukan Allah.

 

  1. Kekal di dalam neraka Jahannam

Ketiga musibah ini saling berkaitan. Barang siapa yang melakukan syirik besar maka seluruh amalannya akan gugur, kemudian jika ia meninggal dalam keadaan belum bertobat maka tidak akan diampuni oleh Allah, dan akan dikekalkan di dalam neraka.

 

Syirik sangat berbahaya bagi iman kita, karena perbuatan syirik akan membuat seluruh amalan kita tidak diterima oleh Allah swt, membuat dosa kita tidak diampuni juga akan kekal didalam jahannam. Naudzubillahi min dzaalik. Maka dari itu kita sebagai umat manusia yang beragama islam haruslah taat dan mematuhi perintah Allah dan menjauhi larangan Nya, termasuk syirik.

(Hanni Azzhura)

Loading...

Pendaftaran Siswa Baru Pesantren Darunnajah