bahaya hpDarunnnajah.com, Bahaya HP bagi Manusia. HP atau Handphone atau juga disebut dengan Smartphone adalah salah satu bukti kita berapa di zaman serba canggih, kemajuan teknologi menghasilkan berbagai alat untuk membantu memudahkan keperluan manusia, HP tersebut salah satu bukti kedigjayaan teknologi dizaman ini. Dengan menggunakan HP manusia bisa memenuhi berbagai keperluannya, tinggal klik klik di layar HP semua selesai. Dibalik kemudahan, keuntungan dan kecanggihannya ternyata HP membawa bahaya bagi kehidupan manusia.

Didalam Al Qur’an ada ayat yang menyatakan bahwa sesungguhnya Allah menciptakan sesuatu berpasang-pasangan.

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

“dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat kebesaran Allah” (QS. Adz Zaariyat: 49)

Dibalik manfaat yang dibawa oleh HP terdapat bahaya yang merugikan manusia atau penggunanya. Tentunya tidak semua pengguna akan merasakan mahdzarat (bahaya) tersebut, namun mereka yang lalai atau berlebihan dalam menggunakan hasil kecanggihan teknologi  tersebut.

Ibnu Qayyim Al-Jauziyah R.a pernah berkata:

اضاعة الوقت أشد من الموت, لأن اضاعة الوقت تقطعك عن الله والدار الآخرة, والموت يقطعك عن الدنيا وأهلها

“Menyiakan waktu lebih buruk dari pada kematian, karena menyiakan waktu memutuskanmu dari Allah dan negri akhirat, adapun kematian hanya memutuskanmu dari dunia dan para penghuninya”. (Al-Fawaid, Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, Hal. 33)

Lalu, HP berbahaya bagi manusia yang seperti apa? Ya. Bagi mereka yang menggunakannya diluar batas kemanfaatannya, HP diciptakan untuk membantu manusia dalam memenuhi kebutuhanya (yang bermanfaat), bila ada yang diluar hal tersebut maka berlakulah judul artikel ini. “Bahaya HP bagi manusia”.

Tidak dipungkiri fasilitas yang disediakan di dalam HP membuat manusia ingin berlama-lama ‘membelainya’, hingga ada istilah ‘yang dekat menjadi jauh dan yang jauh menjadi dekat’ atau ‘mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat’.

HP seperti memiliki candu, yang menjadikan pemilik tidak ingin melepasnya dimana saja dan kapan saja, HP sudah berubah menjadi sosok misterius yang tidak bisa ditinggalkan, tidak jarang hasil temuan Martin Cooper tersebut menjadi awal mula perdebatan manusia hingga menimbulkan dendam sampai hal yang paling fatal yaitu kematian.

Berikut beberapa point bahaya yang ditimbulkan oleh HP/Handphone:

  1. Lupa akan dunia aslinyabahaya hp

Bila kita perhatikan orang yang sudah menjadikan HP sebagai bagian utama dalam hidupnya, maka dunia akan terbalik baginya, dia lebih suka bersosialisasi dengan orang yang entah dimana dan mungkin belom pernah ditemuinya. Yang akhirnya dia lupa akan dunia aslinya. Hal ini tentunya sangat berbahaya mengingat, orang yang pertama kali akan mnolong kita tatkala kesusahan adalah orang yang ada disekitar kita, bila kita tidak bergaul baik dengan lingkungan sama saja seperti mayat hidup, orang tersebut ada namun seperti tidak ada (orang tersebut ada namun tidak memberi manfaat).

2. Lalai akan kewajiban yang dimiliki

 

Ketika seseorang sudah asyik dengan sesuatu sering kali menjadikan lalai akan hal lainnya. Sebagai manusia sosial dan beragama kita memiliki kewajiban yang harus ditunaikan baik kepada sesama manusia maupun kepada Allah, Tuhan seluruh alam. Penggunaan HP yang melampui batas akan melalaikan kita akan tugas, janji dan kewajiban kita. itulah kenapa bahaya HP harus kita hindari.

3. Membahayakan kesehatan manusia

Penting kita ketahui, HP tidak akan begitu bermanfaat tanpa adanya sinyal dari sinyal inilah yang menimbulkan besarnya bahaya. Dalam sebuah diskusi yang dilakukan oleh WHO/world Health Organization (salah satu badan PBB yang bergerak di bidang kesehatan Internasional) menyimpulkan bahwa sinyal HP bersifat karsinogenik, dimana didalamnya menyimpan radiasi yang berbahaya bagi kesehatan manusia. tidak tanggung-tanggung bahaya yang berasal dari radiasi HP ini, seperti kanter kulit, serangan jantung, gangguan telinga, merusak janin sampai merusak DNA dalam sel tubuh manusia.

4. Membahayakan jiwa manusia

Berawal dari point ke 3, kita akan mendapatkan kesimpulan betapa bahaya HP bila tidak dipergunakan dengan bijak. Bisa saja akitab dari seringnya menggunakan HP seseorang terkena salah satu penyakit yang tidak tertolong. Dilain sisi dalam penggunaan HP yang berlebihan juga dapat merusak dan membahayakan penggunanya, sebagai contoh menggunakan HP sambil di cash/mengisi daya bisa berdampak terjadinya kebakaran pada HP dan pastinya akan mencelakakan penggunanya.

Masih banyak bahaya yang bisa ditimbulkan oleh HP, kita tidak pungkiri HP adalah salah satu hasil teknologi yang sangat membantu manusia namun bila tidak bijak menggunakannya akan menimbulkan mahdzarat yang tidak terkira.

Oleh karena itu manfaatkan HP kita dengan sewajarnya, bahagiakan semua orang disekeliling kita dengan sapaan dan senyuman penuh makna. semoga artikel Bahaya HP bagi Manusia ini bermanfaat.

(red/A.A)