Tim Siswa Peduli SDI Darunnajah Berziarah ke Makam Wakif Darunnajah
Menu

Tim Siswa Peduli SDI Darunnajah Berziarah ke Makam Wakif Darunnajah

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

img-20160914-wa0006

Tim Siswa Peduli SD Islam Darunnajah yang terdiri dari Annisa Zahra Marshandra, Kalandoro Respati Purwanto, Azzahra Dzikra Laila, Safa Elvina Zalikha, Sultan Baariq Hafidz, Hany Rizkiyah, Muhammad Qurtubi De Coxda, dan Muhammad Revi Rabbani berkesempatan untuk berziarah ke makam wakif dan pendiri Pondok Pesantren Darunnajah di Ciomas Serang Banten.

Didampingi oleh Usth. Hj. Zainuyyah Manaf salah satu putri KH. Abdul Manaf Mukhayyar tim siswa peduli menuju tempat pemakaman keluarga yang berlokasi tidak terlalu jauh dari Pesantren Darunnajah 3 Al Mansur.

Ustadzah Zainuyyah atau yang biasa disapa ibu Jaja mengisahkan perjuangan ayahnya dalam membangung pesantren Darunnajah. Abdul Manak kecil saat berusia 10 tahun disekolahkan di Volksschool (sekolah dasar) selama tiga tahun, kemudian melanjutkan ke Vervolegschool (sekolah lanjutan) selama dua tahun. Kemudian pada sore harinya mengikuti pengajian di Bendungan Hilir setiap harinya dengan berjalan kaki dari rumahnya di Palmerah ke Bendungan Hilir.

Maka bersyukurlah kalian yang lahir di zaman modern ini bebas bersekolah dimana saja, peralatan sekolah sudah bagus-bagus, disekolahpun diajarkan mengaji dan ilmu agama, dan tentunya ke sekolah tidak terlalu jauh berjalan kaki karena sudah banyak kendaraan. Maka dari itu rajin-rajinlah belajar dan jangan malas agar kelak ketika kalian dewasa bisa mandiri dan membantu orang lain, terang ibu Jaja saat berada di samping makam wakif Darunnajah.

Darunnajah ulujami dulunya itu kebon kosong yang banyak pohon jinjingnya, pada tahun 1962 dibangunlah bangunan semi permanen berukuran 30 x 11 yang terdiri dari 4 lokal berdinding batu dan berlantaikan ubin dan santrinya juga baru 3 orang. Tapi dengan keuletan dan kegigihan serta kerja keras para wakif dan pendiri kita bisa lihat hasil dari jerih payah mereka dengan berdirinya bangunan-banguna megah dan ribuan santri yang mukim/tinggal di asrama.

Semoga para wakif dan pendiri Pondok Pesantren Darunnajah yang sudah mendahului kita ditempatkan disisi Allah SWT dan mendapatkan pahala amal jariyah atas apa yang mereka berikan dan perjuangnkan. Dan semoga pimpinan dan penerusnya saat ini diberikan kesehatan dan kekuatan untuk meneruskan cita-cita para wakif dan pendiri Darunnajah. Amin

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren An-Nur Darunnajah 8 Cidokom Bogor

Maklumat Pimpinan Terkait Peraturan Terbaru Kedatangan Santri

Maklumat Pimpinan Pesantren Annur Darunnajah 8 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 dan Kedatangan SantriMaklumat Pimpinan Pesantren An-Nahl Darunnajah 5 Terkait Tahun Ajaran Baru 2020-2021 Dan