SILATURRAHIM PESERTA DAURAH UMMUL QURA DENGAN IMAM MASJID AL-HARAM

blank

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Pada hari Senin (17/6/19) setelah menunaikan Shalat Maghrib, peserta Daurah mendapatkan kesempatan untuk bersilaturrahim dengan Imam Masjid al-Haram Syaikh Dr.

Faisal Ghazzawi di kediaman beliau. Peserta daurah yang terdiri dari 39 orang dari Indonesia dan Senegal didampingi oleh beberapa Masyayikh disambut hangat oleh beliau di pintu rumahnya dan diterima di lantai dasar ruang perpustakaan pribadi.

Nampak di dalam ruangan ini rak-rak yang berisi buku-buku beliau, hamparan karpet, meja, kursi sofa, dan perangkat lain yang menjadikan ruang ini nyaman bagi siapapun yang mendatanginya.

blank
Syaikh Dr. Faishal Jamil Hasan Ghazzawi adalah salah satu Imam Masjid al-Haram dan Dekan Fakultas Dakwah dan Ushuluddin Universitas Ummul Qura Mekkah al-Mukkarramah.

Latar belakang pendidikan beliau mulai dari Strata-1, Strata-2, dan Strata-3 bidang Ilmu Qira’at di Universitas Ummul Qura. Beliau menulis tesis master berjudul ‘Bagian dari Kitab al-Taudhih Penjelasan Kitab al-Jami’ al-Shahih Ibn Mulaqqin’ (Juz’ Min Kitab al-Taudhih Li Sharh al-Jami’ al-Shahih Li Ibn Mulaqqin) dan disertasi berjudul ‘Metode Ibn Atiyyah di Dalam Mempresentasikan Qira’at dan Pengaruhnya pada Penafsirannya’ (Manhaj Ibn Atiyyah Fi Ard al-Qiraat Wa Athar Dhalika Fi Tafsirih).

Acara pertemuan dibuka kata sambutan dari Syaikh Dr. Hasan al-Bukhari yang menjelaskan maksud dan tujuan pertemuan dengan Imam Masjid al-Haram. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan ahl al-Bait Syaikh Dr.

Faisal Ghazzawi yang memberikan ucapakan selamat datang (kalimah at-Tarhib) kepada semua peserta daurah dan memberikan beberapa pesan-pesan bagi mereka. Beliau mengutip Surat al-Ashr dan menjelaskan isinya yang berkaitan dengan keikhlasan dan kesungguhan dalam menjalankan ibadah.

Semua orang akan rugi dalam kehidupan mereka kecuali bagi mereka yang memiliki sifat-sifat berikut; beriman kepada Allah swt., melakukan perbuatan amal soleh, yang saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Pekerjaan itu semua akan mendapatkan ridha Allah swt.

jika ada keikhlasan di dalam dirinya. Keikhlasan merupakan asas Seorang Muslim dalam beramal yang akan membawa kepada jalan yang lurus. Hal ini harus didasarkan para apa yang dilakukan oleh Rasulullah saw. yang ada pada sunnah-sunnahnya.

Pertemuan ini ditutup dengan bacaan al-Qur’an oleh Syaikh Dr. Faishal Ghazzawi surat ali Imran 102-105 yang berisi nasehat bagi kaum Muslimin untuk bersatu dan menguatkan tali persaudaraan.

Acara diakhiri dengan pembagian kenang-kenangan berupa buku (al-Muhakat Fi Qira’ah al-Qur’an al-Karim: Mafhumuha wa Hukmuh) karya beliau kepada semua peserta. Demikian pula, perwakilan Ketua peserta daurah dari delegasi Indonesia juga memberikan souvenir berupa plakat dan jam dinding kepada Syaikh Dr. Faishal Ghazzawi sebagai hadiah dan penghargaan atas pertemuan tersebut.

(Bagian dari laporan kegiatan Daurah Shaifiyyah Ummul Qura II, Much Hasan Darojat).

Bagikan

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on twitter
Share on email

Subscribe & Dapatkan Update Terbaru

Pondok Pesantren Darunnajah

Berita Terkait

blank
Pondok Pesantren Nurul Ilmi Darunnajah 14 Serang Banten

Detik-detik melepas K.H. Saifuddin Arief

KH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief, SH.MHKH. Saifuddin Arief Memotivasi Santri Untuk BerprestasiDokumentasi Pemakaman K.H. Saifuddin Arief, S.H., M.HKalimat Takziah K.H. Nasir