Keluarga besar Pondok Pesantren Darunnajah Cipining merasa tersanjung dengan kedatangan rombongan tamu istimewa, Ahad, 13 Mei 12. Rombongan terdiri atas tokoh-tokoh masyarakat yang berasal dari kelurahan Cinangka dan Kedaung, Sawangan, Depok.

Santri Berdakwah Untuk Kejayaan Islam

Kedatangan tokoh-tokoh masyarakat tersebut terkait undangan pesantren seusai para santri melaksanakan kegiatan PDPM (Praktik Dakwah & Pengembangan Masyarakat) di wilayah mereka pada bulan April hingga Mei 2012 lalu.

Ketua pelaksana PDPM yang bertanggung jawab terhadap kegiatan ini, Ustadz Husnul Mubarok, mengatakan bahwa undangan ini sengaja diagendakan oleh pihak panitia dengan tujuan pesantren ingin mendapatkan feedback dari kegiatan PDPM. “InsyaAllah, dalam silaturahmi ini kita akan meminta pendapat, saran, dan masukan dari para tokoh setempat tentang kegiatan PDPM. Diharapkan dari masukan mereka dapat kita jadikan evaluasi dan koreksi sehingga ke depannya, kegiatan PDPM bisa lebih baik lagi” ujar Ustadz Husnul.

Kegiatan silaturahmi yang bertempat di Gedung Sekretariat Darunnajah Cipining turut dihadiri langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Darunnajah Cipining, KH Jamhari Abdul Jalal, Lc, Ust. Faruq Abshori, S.Pd.I (Ka. Biro Pendidikan), Ust. Mustofa Kamal, M.Ag (Direktur TMI & Kepala MA), Ust. Katena Putu Ghandi, S.Pd.I., (Ka. Biro Dakwah & Humas) dan serta segenap jajaran Panitia PDPM 2012.

“Adapun tokoh-tokoh yang berkesempatan hadir di antaranya adalah tokoh masyarakat Kampung Kebon, Kampung Bulak, dll” ujar Ustadz Muhlisin, staf panitia.

Acara dimulai pukul 10.30 WIB. Ketujuh kelompok PDPM secara bergantian mrmpresentasikan kegiatan PDPM dihadapan seluruh hadirin. Setiap kelompok diberi durasi waktu selama 10 menit menggunakan tampilan Power Point. Para juru bicara dibantu sekretaris kelompok dalam presentasi. Usai presentasi, sesi selanjutnya adalah tanggapan-tanggapan tokoh masyarakat setelah melihat laporan tersebut.

Acara semakin menarik karena ditambah dengan beberapa tayangan video dan slide Profil Darunnajah Cipining. Dari semua tokoh, Alhamdulillah, mereka merespon positif terhadap kegiatan PDPM tahun 2012, bahkan beberapa menyatakan ingin menambah hari PDPM karena dirasa sangat singkat waktu yang 10 hari tersebut.

“Ketika peserta PDPM pergi meninggalkan kampung kami, khususnya untuk keluarga kami sendiri, kami merasa ada sesuatu yang hilang. Rumah yang biasanya penuh keceriaan dan kemeriahan yang selalu terdengar kini kembali sunyi. Kegiatan-kegiatan positif selalu mereka aplikasikan dalam masyarakat terutama ukhuwah islamiyah yang tinggi dan titel santri yang menjadikan mereka semakin berguna dan bermanfaat bagi warga setempat” ujar salah satu tanggapan tokoh masyarakat.

Setelah acara selesai, para tamu undangan digiring mengelilingi area Pondok Pesantren Darunnajah Cipining. Pada kesempatan ini, para tamu diberikan kesempatan untuk mengenal pesantren dengan segala pernak-perniknya.

Semoga dengan diadakannya silaturahmi masyarakat PDPM dapat memperkuat tali ukhuwah islamiyah kita untuk sesama. Dengan pelaksanaan PDPM diharapkan pesantren dapat mencetak generasi yang tangguh serta bertanggung jawab untuk dapat berjihad serta berdakwah fii sabilillah. Allahu Akbar!!! (WARNA/Putri Khoirunnisa)